Belanja Online dan Streaming Naik Saat Libur Natal-Tahun Baru

CNN Indonesia | Selasa, 05/01/2021 12:15 WIB
Belanja online dan streaming jadi salah satu pendorong naiknya penggunaan internet operator seluler saat libur natal dan tahun baru. Ilustrasi. Streaming dan belanja online dorong peningkatan penggunaan internet saat libur Natal dan Tahun Baru (iStockphoto/hocus-focus)
Jakarta, CNN Indonesia --

Trafik pengguna internet operator jaringan seluler naik saat libur Natal dan Tahun Baru 2020, salah satunya didorong oleh penggunaan belanja online, streamingmedia sosial dan game mobile.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro pada Senin (4/1) mengatakan, Telkomsel memiliki lonjakan pengguna sebesar 13,15 persen dari rata-rata di hari biasa tahun 2020.

Total payload mencapai 36,51 petabyte, lonjakan ini juga tumbuh 53,28 persen dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru 2019/2020 lalu.


Ia menyampaikan, puncak lonjakan pengguna Telkomsel terjadi pada tanggal 1 Januari 2021. Peningkatan ini banyak terjadi untuk akses e-commerce 26,55 persen, media sosial dan aplikasi 17,58 persen, browsing 17,31 persen, streaming video 12,22 persen, serta mobile gaming 10,79 persen.

Selain itu, lonjakan juga dialami oleh operator jaringan lain, yaitu XL Axiata.

Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan mengatakan, selama periode 24 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021, secara nasional, rata-rata trafik pemakaian layanan data XL Axiata oleh pelanggan meningkat hingga 15 persen.

Layanan streaming mendominasi kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik percakapan (voice) mengalami penurunan sebesar 6 persen dan untuk trafik SMS mengalami kenaikan 2 persen dibandingkan hari biasa.

"Kenaikan trafik data tertinggi pada Hari Natal, antara 24 - 25 Desember 2020, secara rata-rata meningkat sebesar lebih dari 3 persen dibanding hari biasa, dengan kenaikan tertinggi mencapai sekitar 17 persen, " katanya pada Senin (4/1).

Sementara itu, untuk trafik Tahun Baru, antara 31 Desember - 1 Januari 2021, kenaikan rata-rata trafik data mencapai 10 persen dibandingkan hari normal. Kenaikan tertinggi mencapai sekitar 70 persen.

Lebih lanjut Ia merinci layanan yang banyak diakses oleh pengguna. Di antaranya pada layanan streaming yang meningkat sebesar 6 persen. Termasuk didalamnya streaming video Youtube, Facebook, Instagram, Tiktok meningkat sebesar 6 persen, film dan saluran TV (Netflix, Iflix, Viu, Vidio) juga meningkat 4 persen, musik (Spotify, Joox, Google Music, Youtube Music) meningkat 2 persen.

Darmayusa mengatakan, layanan instant messenger seperti WhatsApp, Line , Telegram naik 19 persen. Sementara pada layanan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter naik sebesar 11 persen.

Seperti Telkomesl dan XL, Indosat Ooredoo juga mengaku telah terjadi kenaikan trafik pada musim libur Natal dan Tahun Baru.

Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo, Medhat Elhusseiny, mengatakan puncak tertinggi trafik tanggal 1 Januari 2021 dengan kenaikan mencapai 35 persen.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, kenaikan signifikan terlihat di beberapa daerah di Kota besar seperti di pulau Jawa, seperti di Bodabek, Tasikmalaya, Sukabumi dan Kediri.Elhusseiny menjelaskan, pada perayaan Natal dan Malam Tahun Baru, Indosat Ooredoo mencatatkan peningkatan trafik data tertinggi terjadi pada hari 'H' masing-masing sebesar 25 persen (Natal) dan 35 persen (Tahun Baru) dibandingkan trafik hari normal.

Sementara Tri Indonesia, mencatat selama Natal dan Tahun Baru terjadi peningkatan penggunaan internet secara keseluruhan sebesar 15 perssen. Peningkatan terbanyak disumbang oleh game Garena Free Fire meningkat sebesar 80 persen.

Selain Free Fire, penggunaan empat aplikasi lain juga yang mengalami lonjakan dari hari biasa. Penggunaan Whatsapp meningkat sebesar 20 persen, Tiktok, Instagram dan Facebook meningkat sebesar 13 persen.

(can/eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK