TIPS OTOMOTIF

Tips Aman Mengemudi Mobil Saat Hujan

CNN Indonesia | Senin, 11/01/2021 20:37 WIB
Hujan mungkin bisa jadi bencana berupa kecelakaan lalu lintas bila pengemudi sembrono di jalan. Ilustrasi mengemudi mobil saat hujan. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hujan mungkin bisa jadi bencana berupa kecelakaan lalu lintas bila pengemudi sembrono di jalan. Perlu diketahui mengemudi saat hujan punya tantangan sebab permukaan jalan akan lebih licin dari biasanya dan jarak pandang menjadi terbatas.

Oleh karena itu pengguna mobil sebaiknya memperhatikan tiga aspek berikut yang dapat dihindari kala mengemudi pada cuaca hujan.

Pertama jangan abai terhadap ban. Deputy Head of OE PT Bridgestone Tire Indonesia Fisa Rizqiano mengatakan kondisi ban harus diperiksa secara rutin. Pastikan telapak ban cukup tebal dan terusi angin dengan tekanan sesuai.


"Ini agar ban bisa bekerja secara maksimal pada permukaan jalan yang basah, licin atau tergenang air," kata Fisa dalam keterangan tertulis Innova Community, dikutip Senin (11/1).

Kata dia kenali juga tipe ban yang digunakan. Masing-masing jenis ban punya peruntukannya tersendiri sehingga ada perbedaan daya cengkram terhadap permukaan jalan.

Selain itu ban juga punya batasan kecepatan maksimal yang dapat dilihat dari kode pada samping ban.

Berikutnya yang harus dihindari pengguna mobil yakni mengemudi secara agresif. Banyak kecelakaan disebabkan menyetir agresif saat kecepatan tinggi ketika hujan.

"Karena saat kecepatan tinggi traksi antara ban dengan jalan yang licin bisa hilang atau berkurang, sehingga menyebabkan efek aqua planning dan mobil bisa oversterr atau understeer tidak terkendali" ujar Marcell Kurniawan konsultan safety driving dari Real Driving Course (RDC).

Pengemudi juga harus menghindari menyalakan lampu hazard saat hujan.

Hazard faktanya malah akan membuat bingung pengendara lain karena saat kita hendak manuver ke kiri atau kanan, pengendara lain tak bisa melihat sein sehingga ada resiko tabrakan.

Sebagai pengganti lampu hazard, Anda cukup menyalakan fog lamp dan lampu kecil saja.

Terakhir, apabila kondisi jalan tidak memungkinkan seperti hujan sangat lebat atau banjir, ada baiknya tidak memaksakan dan berhenti sejenak di tempat aman sembari menunggu kondisi lebih baik.

(ryh/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK