Penyebab dan Cara Menangani Wiper Mobil yang Lemot

CNN Indonesia | Sabtu, 16/01/2021 14:20 WIB
Wiper lemot bisa disebabkan beberapa hal, mulai dari kotoran, karat, hingga sekring bermasalah. Ilustrasi wiper mobil. (iStockphoto/georgeclerk)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu permasalahan pada wiper mobil yakni gerakannya tak sempurna saat menyapu air hujan. Gerakan melambat alias lemot ini bikin pembersihan kaca depan tak optimal, selain itu juga bisa membuat pandangan pengemudi tak jernih.

Wiper memiliki fungsi untuk menyapu apa saja yang ada di permukaan kaca, termasuk air dan kotoran. Komponen tersebut sangat penting untuk keselamatan di jalan karena berkaitan menjaga pandangan pengemudi.

Menurut Auto2000, gerakan wiper melambat lantaran bagian dalam sistem penggerak komponen ini kotor. Hal ini berdampak pada arus listrik dan bisanya membuat engkol wiper terhambat.


Cara untuk mengatasinya dikatakan membersihkan koil pada wiper.

Alasan lain wiper melambat yakni terdapat karat pada komponen tersebut. Karat dapat membuat kinerja tidak optimal, sehingga sapuannya lambat.

Cara mengatasinya cukup bersihkan engkol dari karat dan semprotkan bagian itu dengan cairan anti karat.

Bila karat sudah parah solusinya dengan penggantian komponen.

Selain melambat, wiper juga bisa tidak bergerak sama sekali. Kondisi ini biasanya terjadi karena motor listrik bermasalah. Cara mengatasinya hanya dengan satu cara yakni mengganti baru.

Bisa jadi juga sekring mengalami masalah karena putus atau ada arus listrik berlebihan.

Pengemudi disarankan memeriksa kondisi karet wiper. Bila telah aus atau mengeras, sebaiknya diganti dengan karet yang lentur. Bila mengeras, selain menyebabkan sapuan terhadap air pada permukaan kaca tak merata, juga berpotensi menyebabkan kaca mobil baret.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK