Pindad Siap Jual Maung Versi Sipil Tahun Ini, Harga Fortuner

CNN Indonesia | Jumat, 22/01/2021 11:33 WIB
Menurut Pindad pihaknya sedang mengurus izin produksi Maung versi sipil dengan rencana penjualan pada pertengahan 2021. Kendaraan taktis ringan Pindad Maung akan dijual dalam versi sipil. (Pindad)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang persenjataan dan kendaraan tempur, Pindad, menyatakan kendaraan taktis ringan Maung versi sipil akan diluncurkan pada pertengahan 2021.

Maung adalah kendaraan taktis ringan (rantis) yang awalnya dirancang untuk keperluan militer dengan spesifikasi tempur jarak dekat. Nama Maung diberikan oleh Menteri Pertahanan Prabowo yang berarti harimau, penggunaan bahasa Sunda ini merujuk pada lokasi produksinya di Bandung, Jawa Barat.

"Pindad berkomitmen masuk ke pasar komersil untuk kendaraan Maung versi sipil yang diperkirakan akan dirilis pada pertengahan 2021," kata Direktur Utama Pindad Abraham Mose melalui keterangan tertulisnya, Jumat (22/1).


Ia menjelaskan saat ini Pindad sedang memasuki tahap persiapan komersialisasi dengan mengundang berbagai mitra termasuk ahli otomotif dan kolektor untuk berdiskusi lebih lanjut.

Tahapan perizinan untuk Maung versi sipil juga sedang dijajaki karena ada perbedaan izin produksi yang sudah dipegang sebelumnya yakni sebagai kendaraan militer.

"Tahapan produksi Maung versi sipil juga akan melibatkan ekosistem industri otomotif di dalam negeri," katanya.

Spesifikasi Maung versi militer di antaranya terdapat empat ttitik towing serta alat derek 4,5 ton, alat komunikasi, GPS, dudukan persenjataan untuk kaliber 7,52 dan senapan serbu SSV2.

Abraham menjelaskan Maung versi sipil akan memiliki perbedaan dengan versi militer. Perbedaan itu antaranya tidak menggunakan kelengkapan senjata, roll bar, dan beberapa penyesuaian lain.

Abraham juga bilang Pindad sedang melakukan tahap pengujian terhadap 10 pabrikan untuk kebutuhan mesin Maung versi sipil. Maung versi militer diketahui menggunakan mesin Toyota Hilux berkubikasi 2.500 cc diesel.

Ia menambahkan Maung akan dijual di Indonesia dengan harga mulai pada kisaran Rp600 juta. Meski belum pasti kisaran harga ini selevel SUV medium populer di dalam negeri misalnya Toyota Fortuner yang dilego Rp492,9 juta - Rp685 juta atau Mitsubishi Pajero Sport Rp491,5 juta - Rp702 juta.

"Ya tergantung tipe dan kelengkapannya nanti," kata Abraham.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK