Netizen Kecam Rasialisme Ambroncius Terhadap Pigai

CNN Indonesia | Senin, 25/01/2021 19:58 WIB
Netizen kecam kasus rasialisme yang dilontarkan Ambroncius terhadap Natalius Pigai. Netizen kecam isu rasialisme yang timpa Natalius Pigai (CNN Indonesia/Gautama Padmacinta)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dugaan aksi rasialisme terhadap Mantan Komisioner Hak Asasi Manusia (HAM) Natalius Pigai oleh politikus Partai Hanura Ambroncius Nababan menjadi sorotan pengguna Twitter.

Ambroncius sebelumnya mengunggah foto Natalius yang disandingkan dengan Gorila disertai komentar mengenai vaksin corona (Covid-19).

Menurut pengakuan Ambroncius, unggahan itu dilakukan merespons pernyataan Natalius yang menolak vaksin Covid-19 Sinovac dan lebih memilih membeli vaksin dari luar negeri.


Pigai lantas melaporkan perkara dugaan rasialisme yang ia terima ke Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd Austin.

Llyod Austin sendiri merupakan Menteri Pertahanan berkulit hitam keturunan Amerika-Afrika pertama di AS. Ia terpilih setelah hasil pemungutan suara Senat AS menyatakan 93 suara menyetujui penunjukan Austin.

Banyak dari pengguna Twitter menentang apa yang dilakukan Ambroncius. Menurut mereka tak sepatutnya menggunakan cara yang berkaitan dengan rasialisme meski ada perbedaan pendapat.











Meski demikian tak sedikit netizen yang mempertanyakan kenapa laporan rasisme itu dilaporkan ke Menhan AS, alih-alih ke Polri.

Ambroncius sebelumnya menjadi Ketua Umum Relawan Pro Jokowi-Amin (Projamin)telah buka suara usai unggahannya mendapat protes.

Ia mengklaim foto Natalius yang disandingkan dengan Gorilla itu sudah banyak beredar dan bukan buatannya. Ia mengaku hanya membuat kata-kata untuk unggahan itu.Unggahan itu, kata dia, juga ditujukan untuk pribadi Natalius dan bukan untuk masyarakat Papua.

Menurutnya, iasiap bertanggung jawab jika Natalius Pigai melaporkannya ke polisi terkait unggahan pada akun Facebook miliknya itu.

(ryh/eks)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK