TIPS OTOMOTIF

Cara Pilih Kaca Film Mobil Sesuai Bujet dan Kebutuhan

CNN Indonesia | Sabtu, 30/01/2021 12:40 WIB
Kaca film bukan hanya untuk melindungi dari sinar matahari, sesuaikan bujet dan kebutuhan saat memilih produk ini buat mobil Anda. Jangan asal pilih kaca film. (CNN Indonesia/ Rayhand Purnama)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu fungsi penggunaan kaca film pada mobil yakni untuk menekan risiko tindak kejahatan. Kaca film dapat melindungi privasi kabin sehingga dapat mencegah orang berniat jahat pada mobil Anda.

Fungsi lainnya, kaca film juga dapat menangkal panas sinar matahari sehingga mengurangi silau dan menambah kenyamanan penumpang, serta membantu kinerja AC, hingga meningkatkan penampilan keseluruhan pada mobil.

Pengguna mobil disarankan tak asal membeli kaca film yang ada di pasaran. Ada risiko produk palsu atau performanya tidak sesuai dengan yang diiklankan.


Berikut cara memilih kaca film bakal mobil Anda.

Sesuaikan Bujet dan Kebutuhan

Harga kaca film sangat bervariasi, oleh sebab itu siapkan bujet agar tidak membeli produk yang terlalu mahal. Tentukan apakah semua kaca mobil akan dilapisi, termasuk menentukan tingkat kegelapan yang diinginkan.

Kejernihan Kaca Film

Kaca film yang baik akan terlihat lebih jernih ketika dilihat dari dalam kabin. Masalahnya, pada beberapa produk pandangan keluar justru lebih redup atau gelap ketika dilihat dari dalam.

Jangan pilih kaca film demikian karena berkaitan dengan keselamatan berkendara lantaran mengganggu visibilitas. Itu akan semakin menyulitkan jika harus berkendara di jalan gelap atau hujan lebat.

Cek Performa Kaca Film

Kita disarankan mencari kaca film yang bisa menolak sinar matahari dengan baik. Kandungan sinar ultraviolet dari matahari dapat membuat pelapis interior retak atau pecah-pecah, warna interior mobil memudar, bahkan yang paling berbahaya penyebab kanker kulit.

Perhatikan pula kemampuan mengurangi silau sinar matahari pada siang hari dan silau lampu dari kendaraan yang berlawanan arah pada malam hari, termasuk keandalan menolak hawa panas dari luar guna menjaga kenyamanan seluruh penumpang.

Sesuaikan Tingkat Kegelapan

Soal tingkat kegelapan kaca film, banyak pengguna mobil yang lebih menyukai warna gelap karena alasan privasi dan lebih teduh. Padahal gelap terangnya kaca film akan mempengaruhi visibilitas selama berkendara, terutama pada malam hari atau ketika hujan turun.

Untuk kaca depan, gunakan kaca film khusus untuk kaca depan (tingkat kegelapan 20-40 persen) sehingga lebih jernih ketika dilihat dari dalam.

Cari Produk Berkualitas dan Bergaransi

Kaca film banyak tersedia di pasaran, namun ada risiko membeli produk dengan kualitas rendah bahkan palsu. Disarankan membeli pada outlet terpercaya sehingga produk lebih terjamin dan bergaransi.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK