Gisel Mau Beli Tesla, Cek Biaya Perawatan Berkala

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 01/02/2021 19:56 WIB
Biaya perawatan mobil listrik Tesla di Indonesia menurut importir umum Tesla, Prestige Motorcars. Mobil listrik Tesla Model X. (Foto: Tesla.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tesla menjadi incaran artis papan atas, selegram, hingga pejabat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Mobil listrik dianggap sebagai lambang kesuksesan bagi kalangan tertentu karena harganya mencapai miliaran rupiah.

Yang terbaru, mobil ini juga jadi incaran salah satu artis fenomenal yang menjadi tersangka kasus video porno, Gisel Anastasia.

Gisel kedapatan menjajal unit Tesla Model X. Menurut importir umum Tesla, Prestige Motorcars, Gisel memang hendak membeli mobil Tesla bakal putrinya, Gempi, dan kini sedang melakukan tes drive.


Presiden Direktur Prestige Motorcars Rudy Salim mengatakan mobil listrik memang menjadi fenomena terbaru di kalangan masyarakat saat ini. Di sisi lain mobil ini menjadi pilihan karena sejumlah keunggulannya termasuk untuk urusan perawatan.

Menurut Rudy perawatan Tesla termasuk terjangkau. Misalnya untuk dua tahun pertama kepemilikan, pengguna Tesla tidak akan dibebankan biaya apapun untuk perawatan.

"Jadi bebas biaya untuk dua tahun pertama," kata Rudy melalui pesan singkat, Senin (1/2).

Jika dua tahun pertama berakhir, untuk perawatan berkala selanjutnya akan dikenakan biaya di bawah Rp5 juta. Biaya tersebut hanya untuk keperluan penggantian pelumas motor listrik dan filter udara.

"Ada pergantian oli dinamo dan filter," ucap dia.

Penggantian itu masuk ke kategori perawatan berkala wajib yang biasanya diminta oleh sistem setiap dua kali dalam satu tahun.

"Jadi biasanya ada notifikasinya sekitar satu tahun dua kali," kata dia.

Lebih dari itu pemilik mobil hanya diminta untuk melakukan upgrade pada perangkat lunak mobil agar meningkatkan kemampuannya. Tapi terkait biaya untuk upgrade perangkat lunak tersebut, Rudy tak menjabarkan.

Untuk diketahui saat ini Tesla yang dijual di Indonesia ada tiga jenis yakni Model 3, Model S, dan Model X. Model 3 merupakan produk paling murah lantaran banderolnya mulai dari Rp1,5 miliar.

Lebih dari itu mobil Tesla hanya diminta melakukan upgrade perangkat lunak agar kemampuannya meningkat.

Kata Rudy upgrade software hanya dilakukan saat pelanggan menerima pemberitahuan resmi dari Tesla. Peningkatan software dapat dilakukan di dealer Prestige dan konsumen tidak dikenakan biaya.

Rudy menambahkan terkait komponen penting pada mobil-mobil Tesla di antaranya baterai dan motor listrik diklaim memiliki usia pakai hingga jarak tempuh mencapai 1 juta km.

Untuk diketahui saat ini Tesla yang dijual di Indonesia ada tiga jenis yakni Model 3, Model S, dan Model X. Model 3 merupakan produk paling murah lantaran banderolnya mulai dari Rp1,5 miliar.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK