TIPS TEKNOLOGI

Cara Berbagi Aplikasi Android Tak Pakai Kuota Internet

CNN Indonesia | Minggu, 21/02/2021 16:56 WIB
Google resmi memperkenalkan fitur Nearby Share yang memungkinkan pengguna Android berbagi aplikasi Google Play dengan sesama pengguna. Ilustrasi google. (Lionel BONAVENTURE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Google resmi memperkenalkan fitur Nearby Share yang memungkinkan pengguna Android berbagi aplikasi Google Play dengan sesama pengguna Android. Nearby Share bisa digunakan tanpa koneksi WiFi atau seluler, sehingga tak butuh kuota internet.

Nearby Share pertama kali diumumkan oleh Google pada akhir tahun 2020. Butuh waktu beberapa bulan bagi Google benar-benar mengirimkan pengguna Android menggunakan Nearby Share.

"Cukup buka Google Play, buka menu 'Bagikan Aplikasi' di 'Aplikasi & Game Saya', pilih aplikasi yang ingin Anda bagikan, dan biarkan teman Anda menerima aplikasi yang masuk," kata Google, melansir XDA Developers.


Nearby Share dinilai hampir mirip dengan AirDrop buatan Apple. Sebab, Nearby Share tidak juga tidak memerlukan koneksi internet dan sangat cepat dalam mentransfer file.

Setelah pengguna membagikan aplikasi dengan seseorang, mereka dapat menginstalnya tanpa keluar dari menu bagikan. Pengguna juga dapat langsung memutuskan koneksi dengan perangkat lain.

Melansir Gizmo China, Nearby Share tersedia di perangkat yang menjalankan Android 6.0 Marshmallow dan yang lebih baru.

Agar fitur berfungsi, pengguna harus terlebih dahulu membuka aplikasi Play Store dan membuka Aplikasi Saya. Pengguna akan menemukan tab baru bernama Bagikan di sebelah Perpustakaan jika fitur tersebut telah tersedia.

Pilih tab itu, pengguna diberikan opsi untuk memilih apakah ingin mengirim atau menerima aplikasi. Apapun yang dipilih, pengguna akan diminta untuk mengaktifkan layanan lokasi.

Jika memilih untuk mengirim, pengguna akan dibawa ke layar yang mencantumkan semua aplikasi yang sudah diinstal. Lalu, pilih aplikasi mana yang ingin dikirim dan tekan tombol hijau di pojok kanan atas.

Ponsel pengguna akan mulai mencari perangkat terdekat. Jika memilih untuk menerima, pengguna akan mendapati tampilan seperti ketika pengguna mengirim aplikasi ke pengguna lain.

(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK