NASA Rilis Foto Permukaan Mars 360 Derajat

CNN Indonesia | Kamis, 25/02/2021 14:45 WIB
NASA merilis foto 360 derajat terbaru permukaan Mars, setelah sebelumnya mengirim foto pertama planet itu saat mendarat. Foto pemandangan Mars yang diambil oleh misi Preseverence NASA (via REUTERS/NASA/JPL-Caltech)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis foto 360 derajat berupa panorama pemandangan daratan planet Mars terbaru.

Gambar itu diambil di sekitar lokasi pendaratan robot penjelajah Perseverance di Mars. Panorama itu menunjukkan tepi Kawah Jezero, tempat Perseverance mendarat minggu lalu dan permukaan sungai kuno di planet itu.

Melansir AFP, gambar 360 derajat diambil dari tiang di Preseverence. Tiang itu dilengkapi dengan kamera ganda yang dapat diperbesar, serta dapat mengambil video dan gambar berkualitas tinggi.


Panorama itu terdiri dari 142 gambar yang digabungkan menjadi satu kesatuan.

"Kami berada tepat di sweet spot, di mana Anda dapat melihat berbagai fitur yang mirip dalam banyak hal yang ditemukan oleh Spirit, Opportunity, dan Curiosity di lokasi pendaratan mereka," kata Jim Bell dari Sekolah Eksplorasi Bumi dan Luar Angkasa Arizona State University (24/2).

Spirit, Opportunity, dan Curiosity adalah misi Mars NASA sebelumnya.

NASA mengatakan kamera penjelajah akan membantu para ilmuwan menilai sejarah geologi dan kondisi atmosfer Kawah Jezero, serta mengidentifikasi batuan dan sedimen yang layak untuk pemeriksaan dan pengumpulan lebih dekat untuk akhirnya kembali ke Bumi.

Pada hari Senin (22/2), NASA juga merilis audio pertama dari Mars. Dalam rekaman itu, terdengar samar-samar embusan angin yang ditangkap oleh mikrofon Perseverance.

NASA juga merilis video pendaratan Perseverance yang sedang dalam misi mencari tanda-tanda kehidupan lampau di Mars.

(jps/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK