Jadwal Hari Tanpa Bayangan di Yogyakarta Hingga Jawa Timur

CNN Indonesia | Jumat, 26/02/2021 16:23 WIB
Beberapa wilayah di Indonesia akan mengalami hari tanpa bayangan di tahun 2021, salah satunya Yogyakarta. Ilustrasi hari tanpa bayangan. (Skitterphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan beberapa wilayah di Indonesia akan mengalami hari tanpa bayangan di tahun 2021. Di antaranya Yogyakarta dan Jawa Timur pada Akhir Februari ini.

Fenomena hari tanpa bayangan Yogyakarta diprediksi akan terjadi serentak pada 28 Februari. Pada kisaran waktu pukul 11.50 WIB sampai 11.51 WIB. Wilayah yang merasakan fenomena tanpa bayangan ini adalah Kota Yogyakarta, Wonosari, Sleman, Bantul dan Wates.

Selain itu BMKG menyebut beberapa wilayah di Jawa Timur yang juga merasakan fenomena ini pada 27 dan 28 Februari.


Pada tanggal 27 Februari, wilayah yang mengalami hari tanpa bayangan meliputi Banyuwangi, Jember, Lumajang, Kepanjen, Kanigoro, Pacitan, Blitar dan Lumajang. Fenomena ini terjadi di wilayah tersebut antara pukul 11.35 WIB hingga pukul 11.48 WIB.

Adapun pada 28 Februari terjadi di beberapa wilayah, yaitu Tulungagung, Trenggalek, Situbondo, Probolinggo, Bondowoso, Kraksaan, Malang, Ngasem, Batu dan Kediri. Fenomena ini terjadi sekitar pukul 11.36 WIB sampai 11.48 WIB.

Hari tanpa bayangan disebut kulminasi atau transit adalah fenomena ketika Matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit.

Fenomena itu akibat dari letak Matahari yang tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit.

"Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat 'menghilang', karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. Karena itu, hari saat terjadinya kulminasi utama dikenal juga sebagai hari tanpa bayangan," tulis BMKG dalam situs resminya, Kamis (25/2).

Hal ini disebabkan karena bidang ekuator Bumi tidak tepat berimpit dengan bidang revolusi Bumi, sehingga posisi Matahari dan Bumi akan terlihat berubah sepanjang tahun 23,5 derajat LU sampai 23,5 derajat LS. Hal ini disebut sebagai gerak semu harian Matahari.

Tidak hanya terjadi di Jawa Timur dan Yogyakarta, fenomena hari tanpa bayangan juga terjadi di 34 Ibu Kota Provinsi sepanjang Tahun 2021. Dengan lini waktu yang berbeda-beda, dari 22 Februari hingga 29 Maret 2021.

(can/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK