Meteor Raksasa Melintas di Inggris, Terbakar Seperti Bola Api

eks, CNN Indonesia | Senin, 01/03/2021 20:05 WIB
Meteor raksasa yang terbakar seperti bola api nampak di langit Inggris pada Minggu malam waktu setempat. Ilustrasi. Meteor raksasa tampak di langit Inggris. (Getty Images via AFP/ETHAN MILLER)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah meteor raksasa melintas di langit Inggris pada Minggu (28/2) malam waktu setempat.

Meteor ini nampak sekitar 7 detik tak lama sebelum pukul 10 malam. Penampakan meteor ini terekam oleh banyak netizen, kamera CCTV di rumah-rumah dan kamera keamanan lain di berbagai kota, seperti Manchester, Cardiff, Honiton, Bath, Midsomer Norton, dan Milton Keynes.


Sementara itu, jejaring pengamat meteor di Inggris menyebut lebih dari 120 orang melihat meteor jatuh itu.

Jejaring pengamat ini terdiri dari para astronom amatir yang telah mengamati meteor jatuh di Inggris sejak 2012 juga mengaku sempat merekam meteor jatuh itu. Menurut mereka, meteor itu nampak seperti bola api, dengan debu ruang angkasa yang terbakar menjadi seperti ekor meteor.

"Dari dua video yang kami lihat, meteor itu tampak berjalan pelan dengan fragmen yang terlihat jelas."

Sebagian pengamat bahkan mengaku mendengar suara dentuman bersamaan dengan meteor itu lewat.

"Awalnya saya kira itu adalah bintang atau pesawat yang terang. Tapi, kemudian menjadi lebih besar dan cepat. Lalu, kilatan cahaya yang besar menerangi langit dan benda itu berpendar menjadi bola api besar oranye berekor seperti kembang api raksasa! Keren abis!" ujar seorang netizen, seperti dikutip Sky News

Meteor adalah benda ruang angkasa yang akan terbakar ketika memasuki atmosfer Bumi. Bola api akan nampak ketika meteor terbakar. Secara teori, bola api ini bahkan bisa terlihat meski sedang siang hari.

Menurut Komunitas Meteor Amerika Serikat (AMS), bola api ini biasanya punya magnitudo -4. Sehingga, akan tampak seterang planet Venus yang dikenal sebagai Bintang Kejora saat pagi atau sore hari. Sementara kecerahan Bulan Purnama punya magnitudo -12,6 dan Matahari -26,7.

Menurut AMS, setiap hari ribuan meteor memasuki atmosfer Bumi. Namun, sebagia besar jatuh di laut atau daerah yang tak berpenghuni, seperti dilansir The Guardian

(eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK