Toyota Yaris Terpilih Sebagai Car of the Year 2021

CNN Indonesia | Jumat, 05/03/2021 09:51 WIB
Toyota Yaris memukau 59 jurnalis dari 22 negara di Eropa. Yaris merasih sebanyak 240 poin dan 9 suara terbaik Toyota Yaris generasi terbaru muncul di sela-sela Tokyo Motor Show 2019. (Foto: CNN Indonesia/M. Ikhsan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Toyota Yaris generasi empat terpilih sebagai Car of the Year 2021. Pemilihan ini dilakukan oleh sedikitnya 59 jurnalis dari 22 negara di Eropa. Yaris merasih sebanyak 240 poin dan 9 suara terbaik.

Wakil Presiden Eksekutif Toyota Motor Europe, Matt Harrison, mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada Yaris.

"Ini kehormatan besar bagi Toyota dan saya ingin berterima kasih kepada juri atas pertimbangan dan pengakuan mereka. Ini Yaris terbaik yang pernah ada, dan seperti yang diinginkan Akio Toyoda, pelanggan kami sudah tersenyum," kata Harrison mengutip situs resmi Toyota, Jumat (5/3).


Mobil-mobil Toyota telah meraih Car of the Year versi jurnalis Eropa sebanyak tiga kali. Pertama pada 2000 untuk Yaris, kemudian pada 2005 Prius, dan kini Yaris kembali mengangkat trofi.

Penghargaan Car of the Year 2021 ini datang beberapa hari setelah Yaris baru dinobatkan sebagai mobil terlaris di Eropa untuk pertama kalinya.

Disebutkan juga bila juri memuji teknologi hybrid Yaris untuk pengemudian yang mulus, emisi rendah dan harga terjangkau. Itu menggambarkan mengapa lebih dari 80 persen pembeli Yaris memilih hybrid, menurut Harrison.

Penilaian lain yakni soal desain, performa dinamis, dan fitur keamanan serta keselamatan.

Juri The Car of the Year juga mengapresiasi keberhasilan Toyota dalam membangkitkan kembali semangat untuk pasar hot hatch di seluruh Eropa dengan peluncuran GR Yaris.

Yaris baru meluncur pertama kali pada 2019 di Jepang. Mobil ini mengalami ubahan total secara desain, platform, hingga tersedia mesin hybrid.

Toyota Yaris menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) B dengan pilihan mesin 1.000 cc, 1.500 cc, dan 1.500 cc hybrid.

Sementara Yaris untuk konsumen di Asia, seperti di Indonesia dan Thailand masih menggunakan platform yang sama dengan Vios, dan dikencani mesin 1.500 cc dan 1.200 cc (Thailand) dijual sejak 2014.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK