Bill Gates: Negara Kaya Seperti AS Bisa Hidup Normal 2022

CNN Indonesia | Kamis, 04/03/2021 09:38 WIB
Bill Gates menyebut perkembangan pesat vaksin Covid-19 bisa buat warga Amerika Serikat hidup normal lagi dengan cepat. Ilustrasi Bill Gates. (AFP/MICHAEL COHEN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pendiri Microsoft, Bill Gates menyebut perkembangan pesat vaksin Covid-19 akan membantu masyarakat Amerika Serikat (AS) dan negara kaya kembali ke cara hidup yang 'normal' pada tahun 2022.

Pria berusia 65 tahun itu mengatakan perkembangan vaksin adalah keajaiban yang akan membantu orang AS kembali ke cara hidup yang normal lebih cepat. Namun Gates kecewa kepada anggota parlemen yang tidak melakukan banyak hal secara global untuk mengantarkan kembali ke kondisi normal sebelum akhir tahun depan.

Ia juga menyinggung distribusi vaksin yang sejauh ini hanya masuk ke negara-negara kaya, yang menyebabkan risiko varian terbaru dapat menyebar ke luar negeri dan bisa kembali ke AS.


"Masalah besarnya adalah bahwa kami tidak berbuat cukup untuk mengakhiri pandemi secara global, vaksin hanya masuk ke negara-negara kaya," ujar Bill Gates seperti dikutip Forbes.

Gates menjelaskan risiko itu dapat diperparah oleh gelombang potensial infeksi ulang. Infeksi ulang Covid-19 telah dikonfirmasi sejak virus mulai beredar pada akhir 2019, tetapi masih belum jelas seberapa luas penyebarannya.

Menurut Gates pabrik produksi vaksin tambahan seperti di India dapat membantu mengurangi risiko infeksi di luar negeri dan membawa kembali ke keadaan normal yang lebih cepat.

Sebelumnya Bill Gates sempat memprediksi pandemi Covid-19. Ia menyebut akan lebih terkendali dan kehidupan mulai kembali normal tahun 2021. Hal itu dampak keberadaan vaksin yang dikembangkan oleh sejumlah perusahaan.

"Meskipun masih perlu ada beberapa pembatasan, misalnya pada pertemuan publik besar, jumlah kasus dan kematian akan mulai turun banyak, setidaknya di negara-negara kaya, dan kehidupan akan jauh lebih dekat dengan normal daripada sekarang," ujar Gates dalam blog pribadinya, Gates Notes.

Gates mengatakan pengembangan vaksin Covid-19 relatif sangat cepat. Karena dalam keadaan normal membuat vaksin bisa memakan waktu sampai 10 tahun. Namun menurutnya kali ini beberapa beberapa vaksin Covid-19 dibuat dalam waktu kurang dari satu tahun.

Gates memprediksi vaksin Covid-19 kemungkinan akan mulai memiliki dampak secara global pada musim semi 2021.

(can/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK