Rosidah, Youtuber RI Populer di Asia Raup Rp100 Juta Sebulan

eks | CNN Indonesia
Jumat, 12 Mar 2021 08:50 WIB
Nikmatul Rosidah seorang Youtuber asal Indonesia yang ternama di Asia mengaku bisa peroleh pendapatan hingga Rp100 juta sebulan. Nikmatul Rosidah (Screenshot via Youtube/@nikmatulrosidah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Nikmatul Rosidah, perempuan asal Indonesia yang menetap di HongKong menjadi salah satu pengunggah video Youtube terkenal di Asia dengan pendapatan hingga Rp100 juta dalam sebulan.

Pendapatan tertinggi itu diterima ketika salah satu video miliknya ditonton hingga 15 juta pengguna Youtube.

"Sebulannya paling tinggi sekitar US$7.100 (sekitar Rp100 juta; kurs Rp14.324,5)," tuturnya dalam wawancara dengan CNNIndonesia TV.


Dalam setahun, pendapatan Rosidah bisa mencapai 400 ribu dollar Hongkong atau sekitar Rp740 juta (kurs Rp1.849.43).

Rosidah terkenal akibat konten-konten yang ia unggah di kanal Youtube sejak 2013. Video-video yang ia unggah di kanal itu berupa cara memasak berbagai menu makanan khas rumah, seperti tempe, gulai ikan, ayam kecap, hingga kue nastar.

Saat ini, Nikmatul Rosidah sudah memiliki 1,4 juta pengikut. Dalam sehari, sedikitnya terdapat 150 ribu penonton.

Rosidah mulai aktif mengunggah konten-konten di Youtube pada tahun 2013.

"Awalnya iseng-iseng, saya mulai bikin video 2014, tapi anak-anak aja waktu itu...2015 saya mulai unggah masakan. Akhirnya 2017 baru mulai dikenal banyak orang," tutur Rosidah.

Menurut Rosidah video-video yang ia rekam dengan smartphonenya tidak sengaja direkam untuk pertunjukan. Sehingga, ia tak punya tim khusus untuk membuat video-video itu. Ia juga tidak melakukan persiapan khusus seperti lighting atau pengaturan khusus saat mulai merekam.

Ia pun tak memakai aplikasi yang mahal untuk mengedit video masakan itu. Ia hanya menggunakan aplikasi edit video yang ada di ponsel dan bisa menghabiskan tiga jam untuk menyelesaikan pengeditan video itu.

"Masakan yang saya buat sederhana, mungkin itu yang membuat orang tertarik. Orang suka masakan yang bergaya pedesaan. Saya merekam apa yang saya masak sehari-hari," jelasnya.

Rosidah mulai meyadari dirinya dikenal orang saat sedang berjalan-jalan ternyata banyak orang yang memanggil dan meminta untuk swafoto.

"Awal-awalnya ngga tahu...(tapi) pas liburan ke Singapura Malaysia dan di jalan-jalan itu selalu dipanggil (oleh orang setempat)," tuturnya

"Di Hongkong waktu itu ada pertunjukkan Flower Market saya kaget sebentar-sebentar dipanggil."

"Dia lantas ber-selfie dengan semua orang," timpal suami Rosidah Paul Dobson, seorang Kanada yang berprofesi sebagai guru di Hong Kong.

Dalam wawancara dengan SCMP, Paul bahkan bercerita kalau Rosidah juga sempat disapa salah satu penontonnya saat mereka berjalan-jalan di kebun binatang di Kanada. 

Kepopuleran Rosidah ikut membuat anggota keluarganya terkenal. Paul bercerita ia sempat dikenali salah satu petugas imigrasi saat di Singapura. Anak Rosidah, Daniel, digemari sejumlah penonton wanita di Indonesia dan bahkan kini punya akun Instagram sendiri untuk para penggemarnya itu.

Salah satu artis Indonesia, Marissa Haque bahkan mengikuti kanal Youtube Rosidah. Padahal Rosidah sudah lama menjadi fans Marissa.

Belakangan, Rosidah mendapat tawaran untuk mempromosikan sejumlah barang dari sponsor seperti blender hingga krim kecantikan. Namun, kebanyakan tawaran itu ia tolak karena khawatir mengganggu kredibilitas dirinya.

[Gambas:Video CNN]





(eks/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER