Daftar 9 Fenomena Bulan Purnama Sepanjang 2021

CNN Indonesia | Rabu, 31/03/2021 11:47 WIB
Sejumlah peristiwa bulan purnama akan terjadi di sepanjang tahun 2021 yang akan menghiasi langit bumi. Ilustrasi bulan purnama . (AFP/ROBERT ATANASOVSKI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Langit Bumi akan disuguhkan dengan fenomena langit bulan purnama. Sejumlah peristiwa bulan purnama akan terjadi di sepanjang tahun 2021, tepatnya terdapat 9 fenomena bulan purnama.

Mengutip Almanac, ada beberapa peristiwa bulan purnama yang terjadi di sepanjang tahun 2021. Di antaranya bulan purnama merah muda, bulan purnama bunga hingga bulan purnama stroberi. 

26 April 2021- Bulan purnama merah muda

Fenomena ini diprediksi akan terjadi pada Senin (26/4) malam hari. Nama merah muda pada bulan purnama ini awalnya digunakan oleh sejumlah masyarakat asli Amerika dan Eropa. Secara tradisional setiap nama bulan purnama diterapkan pada seluruh bulan saat fenomena itu terjadi.


Sebenarnya, bulan purnama di bulan April seringkali berhubungan dengan mekarnya bunga liar tertentu di awal musim semi yang berasal dari bagian timur Amerika Utara, Phlox subulata atau biasa disebut phlox merayap atau juga dinamai moss pink.

Berkat musim mekarnya bunga liar yang terkadang bertepatan dengan terjadinya bulan purnama, maka fenomena itu disebutlah menjadi bulan purnama merah muda, seperti dikutip almanac.

26 Mei 2021 - Bulan purnama bunga

Munculnya bunga yang melimpah menginspirasi penamaan fenomena ini, yang awalnya digunakan oleh suku asal Amerika Algonquin dan Ojibwe.

Bulan purnama bunga total ini diprediksi akan terjadi pada 26 Mei 2021. Bulan akan sangat rendah di langit selama gerhana. Bagi yang ingin menikmati pemandangan ini, disarankan untuk berada pada titik pandang yang tinggi dan jelas untuk mendapatkan pemandangan terbaik.

Pada saat bulan purnama ini muncul, maka bulan akan menjadi sedikit lebih dekat ke Bumi daripada di bulan April. Itu artinya bahwa bulan purnama bunga akan menjadi bulan purnama terbesar dan paling terang di tahun ini.

Namun secara kasat mata bulan purnama di bulan Mei sebenarnya tidak akan terlihat lebih besar atau lebih terang. Hal itu disebabkan karena jarak Bulan dan Bumi cukup jauh kurang lebih 100 mil atau 160.934 kilometer.

24 Juni 2021- Bulan purnama stroberi

Bulan purnama ini membawa serta gerhana penumbra, yang terjadi saat Bulan melintasi tepi luar samar bayangan Bumi (penumbra). Hal ini membuat bagian Bulan tampak sedikit lebih gelap dari biasanya.

Tidak seperti pada gerhana bulan penuh atau gerhana matahari, efek visual gerhana penumbra biasanya sangat minim, sehingga sulit untuk melihatnya.

Fenomena ini terjadi pada 24 Juni mendatang. Nama stroberi digunakan pada fenomena ini berkenaan ketika masyarakat suku asli Amerika Serikat Algonquin, Ojibwe, Dakota, dan Lakota melihat buah stroberi mulai siap dipanen.

Bulan Purnama Juli Hingga Desember

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK