Yamaha Rancang Jantung Pacu Mobil Listrik, Sembur 496 Hp

fea, CNN Indonesia | Rabu, 14/04/2021 02:37 WIB
Yamaha beralih dari produsen mesin pembakaran dalam untuk mobil, menjadi penghasil motor listrik buat mobil listrik. Aplikasi lebih dari satu motor listrik 350 kW buatan Yamaha untuk mobil listrik. (Yamaha-motor.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Yamaha Motor di Jepang mengumumkan pada Senin (12/4) telah mengembangkan motor penggerak listrik spesial untuk mobil hyper atau hypercar. Motor listrik kelas 350 kW (800 volt) itu dikatakan mampu menghasilkan 496 hp.

Yamaha menjelaskan fitur utama pada motor listrik ini yakni konstruksinya menggabungkan komponen mekanis dan elektrik menjadi satu. Bagian gear dan inverter dikatakan dirancang sebagai satu komponen.

Motor listrik 350 kW buatan Yamaha untuk mobil listrik.Motor listrik 350 kW buatan Yamaha. (Yamaha-motor.com)

Hal itu membuat dimensi motor listrik menjadi ringkas, namun sanggup menghasilkan tenaga besar. Yamaha juga mengatakan desainnya dibuat agar bisa dipasang lebih dari satu unit pada satu mobil, ini akan menyediakan potensi tenaga yang luar biasa besar.


Menurut Autoblog, motor listrik ini bukan yang pertama dibuat Yamaha. Mulai tahun lalu Yamaha sudah berekspansi membuat motor listrik mulai dari tenaga 47 hp hingga 268 hp. Motor listrik bertenaga kecil ditujukan untuk sepeda motor, sedangkan yang besar untuk mobil penumpang.

Sebelum membuat motor listrik untuk mobil, Yamaha pernah dikenal sebagai produsen mesin pembakaran dalam untuk mobil. Pada 1967 Yamaha merancang mesin 6-silinder segaris twin-cam buat Toyota 2000GT, lalu juga menyediakan mesin untuk Toyota AE86 dan MR2.

Selain itu Yamaha membuat mesin 3.000 cc, V6, DOHC untuk Ford Taurus SHO dan 4.400 cc V8 buat Volvo S80 dan CX90.

Yamaha mengatakan akan memulai menerima pesanan untuk pengembangan prototipe sesuai permintaan mulai April 2021.

Yamaha berencana memamerkan motor listrik kelas 350 kW ini dan prototipe motor listrik lainnya di Automotive Engineering Exposition 2021 Yokohama yang dijadwalkan berlangsung 26-28 Mei 2021.

(fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK