LEGENDA OTOMOTIF

Yamaha RX-King, Motor Maling yang Jadi Incaran Sultan

CNN Indonesia | Jumat, 09/04/2021 21:21 WIB
RX-King menjadi salah satu motor legendaris Yamaha yang masih tetap eksis sampai sekarang. Ilustrasi RX King. (CNN Indonesia/Bintoro Agung)
Jakarta, CNN Indonesia --

RX-King menjadi salah satu motor legendaris Yamaha yang masih tetap eksis sampai sekarang. Kehadirannya terbilang fenomenal, terlebih bagi pengguna roda dua yang doyan ngebut.

Saking fenomenalnya, motor ini malah punya berbagai julukan yang identik dengan tindak kejahatan mulai dari motor jambret, bahkan motor maling.Pada serial televisi era 1990an hingga 2000an awal, King juga menjadi tunggangan para penjahat.

Kedekatan antara King dengan ciri khas penjahat sebetulnya cukup masuk akal. Sebab motor ini menawarkan

RX-King pada eranya yakni medio 1990an identik sebagai motor yang menawarkan sensasi ngebut dan 'ngejambak' ketika pengendara sudah mulai membetot gas. Suara bising khas motor dua tak serta knalpot ngebul lantas menjadi ciri khas lain dari motor ini.

Silsilah RX-King

Di Indonesia RX King menjadi merupakan penerus dari beragam motor bernama RX di Indonesia.Pendahulu motor ini mulai dari RX-100 pada 1977, RX-125 pada 1976, RX-K pada 1980, RX-Special pada 1983, dan RX King pada tahun yang sama, 1983.

Namun berbicara motor 'laki' Yamaha, pabrikan berlogo garpu tala ini juga memiliki produk lain yang mungkin menjadi cikal bakal motor naked keluarga RX yakni L2G dan L2 Super.

RX-King generasi pertama biasa juga dikenal sebagai cobra yang punya mesin 135cc dengan tenaga 18,2 hp dan torsi 15,1 Nm. Cukup lama generasi ini dipertahankan Yamaha hingga pada 1996 RX-King generasi dua rilis.

Selanjutnya pada 2002, generasi berikutnya muncul dengan ubahan yang cukup signifikan. Bentuk lampu juga ikut berubah dari semula kotak menjadi bulat mirip RX100 atau RX125.

Pada generasi ini King juga dikatakan menjadi lebih ramah lingkungan sebab ada penambahan catalytic converter pada knalpotnya. Komponen ini yang membuat King tak ngebul.

Harga Gelap

Meski sudah puluhan tahun tidak dijual Yamaha di Indonesia RX-King namanya makin bersinar. Hal ini dibuktikan melalui harga bekas motor tersebut yang kini bisa dikatakan di luar nalar.


Harga RX-King di pasaran bisa dikatakan sangat gelap. Harga bisa suka-suka penjual, terlebih kondisi motor istimewa. Satu unggahan misalnya yang menetapkan unit produksi 1983 seharga Rp125 juta.

Penjual dengan akun bernama Arif King Priok ini menjelaskan pada kolom keterangan bila RX-King itu langka dan masih tersedia. Catnya disebut masih orisinal warna putih yang jarang ditemukan.

Penjual juga menjelaskan peminat bisa mengajukan tukar tambah motor ini dengan mobil atau moge. Pedagang ini juga bukan pertama kali melego RX-King di atas Rp100 juta. Sebelumnya ia telah melakukan RX-King seharga Rp150 juta.

Kesediaan Suku Cadang dan Bukan Lagi Motor Penjahat

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK