Tiga Opsel Lulus Seleksi Lelang Frekuensi 2,3 GHz

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Jumat, 16/04/2021 14:59 WIB
Lelang pita frekuensi 2,3 GHz juga tidak ada hubungannya dengan penerapan 5G di Indonesia. Ilustrasi lelang pita frekuensi Kominfo. (Foto: ANTARA FOTO/HO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan tiga operator seluler lulus evaluasi administrasi seleksi pengguna pita frekuensi radio 2,3 GHz untuk keperluan penyelenggaraan jaringan bergerak seluler tahun 2021.

Ketiga operator yang lulus seleksi antara lain PT Telekomunikasi Selular, PT XL Axiata Tbk, dan PT Smart Telecom. Kemenkominfo menyampaikan dokumen ketiga opsel itu lengkap.

Adapun PT Hutchison 3 Indonesia dan PT Indosat Tbk yang awalnya sempat melakukan pendaftaran sebagai calon peserta seleksi nampaknya tidak menyerahkan dokumen permohonan seleksi. Sehingga kedua opsel itu tidak ikut ke tahap selanjutnya.


Lebih lanjut, Kominfo menyampaikan peserta seleksi yang lulus tahapan evaluasi administrasi akan mengikuti tahapan selanjutnya, yakni tahapan lelang harga sebagaimana ketentuan angka 4.8.3 dalam dokumen seleksi pengguna pita frekuensi radio 2,3 GHz untuk keperluan penyelenggaraan jaringan bergerak seluler tahun 2021.

"Tahapan lelang harga dimaksud akan dimulai pada hari Senin tanggal 19 April 2021," kata Kemenkominfo dalam keterangan resmi, Jumat (16/4).

Dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, Kemenkominfo juga meminta masing-masing perwakilan dari peserta seleksi yang akan menghadiri pelaksanaan lelang harga untuk melakukan tes swab mandiri.

Sebelumnya, Menkominfo Johnny G Plate melakukan pelelangan lelang ulang pita frekuensi 2,3 GHz agar akuntabel dan transparan.

"Pelelangan itu tidak dibatalkan, tetapi dilakukan pelelangan ulang demi akuntabilitas dan transparansi pelelangannya itu sendiri," ujar Johnny dalam Raker Komisi I DPR, Senin (1/2).

Johnny menuturkan lelang pita frekuensi 2,3 GHz juga tidak ada hubungannya dengan penerapan 5G di Indonesia. Berbagai berita yang menghubungkan kedua hal itu berbeda dengan yang ada di dalam perencanaan Kemkominfo.

Namun keuntungan frekuensi 2,3 GHz atau 2300 MHz cukup untuk meningkatkan jaringan 4G. Selain itu frekuensi ini juga cocok untuk 5G. Sejauh ini cukup banyak handset yang ditopang teknologi 5G di pita frekuensi radio 2,3 GHz, seperti Samsung, Oppo, dan Vivo.

(jps/mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK