Budiman Sudjatmiko Umbar Janji Jaringan 5G di Bukit Algoritma

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Senin, 19/04/2021 15:20 WIB
Dari pantauan CNNIndonesia.com di kawasan Bukit Algoritma pada Minggu (18/4), di beberapa titik tidak ada sinyal atau koneksi internet. Ketua Pelaksana PT Kiniku Bintang Raya Budiman Sudjatmiko di Bukit Algoritma di Cikidang, Sukabumi, Minggu (18/4). (Foto: CNN Indonesia/Wella Andany)
Sukabumi, CNN Indonesia --

Ketua Pelaksana PT Kiniku Bintang Raya Budiman Sudjatmiko selaku penggagas proyek mega Bukit Algoritma di Cikidang, Sukabumi senilai Rp18 triliun menyatakan akan dibangun teknologi internet 5G di kawasan seluas 888 hektare tersebut.

Namun, belum dapat dipastikan kapan proyek akan dimulai atau ditargetkan rampung. Saat ini, baru dilakukan proses studi kelayakan (feasibility study).

"Nanti akan dibangun 5G di sini," kata Budiman di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (18/4).


Dari pantauan CNNIndonesia.com di kawasan Bukit Algoritma pada Minggu (18/4), sinyal internet di sekitar kawasan relatif lambat. Bahkan, di beberapa titik tidak ada sinyal atau koneksi internet.

Bukit Algoritma diklaim akan menyerupai Silicon Valley di Amerika Serikat (AS) yang merupakan pusat atau tempat dikawinkannya antara perguruan tinggi dan industri teknologi.

Bukit Algoritma terbentang di sebagian bukit sawit milik PT Bintang Raya Lokalestari dan berpusat di Resort Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat. Dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dari daerah Tebet, Jakarta Selatan, untuk sampai ke Bukit Algoritma.

Secara terpisah, Pendiri AI Innovation & IOT Center, Lab & Incubator di Bukit Algoritma Karin Taslim mengatakan proyek pembangunan 5G di Bukit Algoritma akan diperuntukkan kepada industri dan korporasi, bukan konsumen atau end user.

Ia menyebut sejauh ini telah dilakukan diskusi awal dengan beberapa operator yang merespon positif. Namun, ia belum dapat mematikan kapan akan mulai dibangun internet 5G.

"Jujur, kami masih menunggu hasil kajian/FS dari operator. 5G akan menjadi bagian dari pelayanan operator, tentunya dengan beberapa pertimbangan keekonomian," bebernya kepada CNNIndonesia.com, Senin (19/4).

Idealnya, kata dia, bersamaan dengan selesainya pembangunan tahap pertama Bukit Algoritma, yakni dalam 3 tahun, jaringan 5G juga sudah siap beroperasi.

"Target ideal kami bersamaan dengan selesainya pembangunan tahap I di Bukit Algoritma, 5G juga sudah siap untuk beroperasi," tutup dia.

(wel/mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK