EDUKASI & FITUR

Mengulas Kelebihan dan Kekurangan Coating Mobil

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 21/04/2021 21:05 WIB
Sebelum mempertimbangkan perlukah coating mobil, simak jenis pelapis yang tengah populer, kelebihan dan kekurangan coating mobil, hingga kisaran harganya. Sebelum mempertimbangkan perlukah coating mobil, simak jenis pelapis yang tengah populer, kelebihan dan kekurangan coating mobil, hingga kisaran harganya. (Foto: Istockphoto/jackfoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Coating mobil merupakan perlindungan pada cat mobil untuk mencegahnya kusam dan berubah warna. Hal eksternal yang biasanya mengubah warna cat mobil antara lain debu, air hujan, panas matahari, kotoran burung, getah pohon, sisa bercak air yang kerap disebut jamur, dan goresan halus.

Lantas, perlukah coating mobil dilakukan?

Banyak pemilik mobil baik yang baru atau lama rela merogoh kocek agak dalam agar mobilnya bisa terlindungi. Mobil juga akan memiliki tampilan cerah mengilap dan bening usai di-coating.


Melansir Auto2000, coating melibatkan bahan kimia SiO2 atau silikon dioksida yang juga merupakan bahan baku untuk membuat keramik dan kaca. Beberapa tahun terakhir ada dua jenis coating yang cukup digemari pengguna mobil.


Jenis Coating

Car detailing - Man applies nano protective coating to the car. Selective focus.Foto: Istockphoto/scyther5
Ilustrasi. Perlukah coating mobil? Berikut jenis coating dengan masing-masing sifat dan keunggulannya.

Terdapat dua jenis teknik coating pada industri otomotif yang saat ini tengah populer. Kedua jenis coating ini berbahan dasar sama yakni cairan bening bernama silikon dioksida namun memiliki daya tahan dan harga yang berbeda.

  • Nano Coating:

Berupa obat pelapis cat mobil berteknologi tinggi dengan partikel kecil yang diklaim mampu mengisi pori-pori cat mobil dan memberikan perlindungan cat yang lebih optimal.

  • Ceramic Coating:

Berupa cairan silika yang dapat mengeras atau mengkristal sehingga akan tampak seperti lapisan akrilik tipis saat mengering.

Coating juga dinilai pengusaha otomotif jauh lebih baik ketimbang wax ataupun sealant. Wax hanya melapisi permukaan dasar cat dan tidak memiliki daya tahan lama begitu pun dengan sealant.

Sementara baik nano atau ceramic coating mampu meresap ke pori-pori cat lebih baik. Selain itu, membantu mengangkat kotoran, kerak, atau residu yang menempel pada cat mobil.

Kerapatan dan daya serap ini yang membuat daya tahan coating jauh lebih lama dari wax atau sealant. Coating memiliki ketahanan 3 sampai 5 tahun, sementara wax hanya 3 sampai 6 bulan.

Kisaran Harga Coating Mobil sampai Plus-Minusnya

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK