IIMS 2021

7 Mobil Listrik Baru yang Setrum IIMS 2021

CNN Indonesia | Rabu, 21/04/2021 11:50 WIB
Sebagian mobil listrik yang dipamerkan di IIMS 2021 statusnya dijual, namun ada juga yang masih bahan studi atau cuma dipamerkan saja. Mobil listrik buatan dalam negeri Fin Komodo Bledhex diperkenalkan di IIMS, 15 April 2021. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2021 dijadikan berbagai produsen sebagai tempat memperkenalkan mobil listrik di Tanah Air. Setidaknya ada empat mobil baru tanpa knalpot yang melantai di ruang pamer JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat itu.

Empat mobil listrik baru ini memang tak semuanya langsung dijual di dalam negeri. Sebagian sudah diumumkan harganya lantas bisa dibeli dan lainnya masih ada yang statusnya bahan studi atau cuma pajangan di pameran.

Berikut rangkuman tujuh mobil listrik baru di IIMS 2021.


DFSK Gelora E di IIMS 2021.DFSK umumkan harga Gelora E di IIMS, 15 April 2021. (CNN Indonesia/Febri Ardani)

DFSK Gelora E

Pada hari pertama IIMS (15/4), Sokonindo Automobile (DFSK) resmi mengumumkan harga Gelora E dan memastikan unit ini mulai dapat dipesan. Distribusi mobil impor ini ke konsumen dikatakan dilakukan pada Agustus.

Gelora E dijual dalam dua tipe, blind van Rp480 juta - Rp 490 juta dan minibus Rp510 juta - Rp520 juta.

Sokonindo Automobile menjelaskan Gelora E yang didukung motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor dan baterai lithium ion 42 kWh dapat menempuh jarak 300 km.

Baterai bisa diisi sangat cepat, hanya 80 menit untuk pengisian dari 20 persen ke 80 persen. Jika baterai diisi memakai colokan di rumah 220V 16A, pengisian butuh waktu delapan jam.

Sokonindo Automobile menyatakan mobil komersial lebih cocok untuk penerapan teknologi sistem gerak listrik. Strategi ini dipahami berbeda dari merek lain yang meluncurkan mobil listrik tipe penumpang.

Komodo Bledhex

Produsen otomotif asli Indonesia yang masih bertahan hingga saat ini, Fin Komodo, terus berevolusi sampai menghasilkan mobil listrik bergaya kendaraan mini offroad bernama Bledhex.

Bledhex yang dapat dilihat di IIMS 2021 dibangun berdasarkan basis Komodo KD 250 yang kini masih dijual dengan mesin konvensional.

Baterai dan motor listrik Fin Komodo Bledhex dikatakan dapat melepas 26,8 hp dengan torsi 70 Nm. Waktu pengecasan dari posisi kosong ke 100 persen butuh waktu tiga jam kemudian dapat digunakan menempuh jarak 150.

Mobil produksi lokal dengan kecepatan maksimal 40 km per jam ini sudah bisa dipesan dengan harga sekitar Rp300 juta sampai Rp350 juta.

MG ZS EV meluncur di IIMS, Kamis (15/4).MG ZS EV meluncur di IIMS, Kamis (15/4). (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

MG ZS EV

MG Motors Indonesia ikutan elektrifikasi dengan memamerkan produk mobil murni listrik ZS EV di IIMS 2021.

ZS EV dibekali baterai 44,5 kWh dengan motor listrik yang menghasilkan 141 hp dan 350 Nm. Setelah peluncuran di China pada 2018, ZS EV juga meluncur di Inggris, Thailand, India, dan Australia. Sedangkan di Tanah Air statusnya masih belum dijelaskan.

Mobil listrik Renault Zoe diperkenalkan di IIMS, 15 April 2021.Mobil listrik Renault Zoe diperkenalkan di IIMS, 15 April 2021. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

Renault Zoe

Usai menjual Twizy, Renault Indonesia, memboyong mobil listrik Zoe ke IIMS 2021. Mobil ini lebih besar dari Twizy, namun terbilang ringkas seperti citycar yang muat lima penumpang.

Zoe dibekali baterai 52 kWh yang memungkinkan pengemudi melaju hingga 245 mil atau 394 km.

Status mobil ini belum dijual, namun dijanjikan bakal menjadi mobil listrik harga 'terjangkau' yang akan dipasarkan di Tanah Air.

Toyota COMS dipamerkan di IIMS, 15 April 2021.Toyota COMS dipamerkan di IIMS, 15 April 2021. (CNN Indonesia/Febri Ardani)

Toyota COMS dan C+pod

Dua mobil listrik mungil Toyota, COMS dan C+pod, yang didedikasikan buat turis di Bali juga hadir di IIMS 2021. Kedua mobil ini tidak bisa dibeli karena tidak dijual, namun menunjukkan Toyota yang fokus pada mobil hybrid juga punya mobil listrik.

COMS yang beratnya 408 kg cuma muat satu penumpang. Motor listrik yang dimiliki bertenaga 6,7 hp dan torsi 40 Nm, sedangkan waktu pengecasan 0-100 persen butuh waktu enam jam untuk pemakaian maksimal 50 km.

C+pod merupakan mobil listrik yang sedikit lebih besar, muat dua penumpang. Jarak tempuh mobil ini juga lebih jauh, 150 km, sebab menggunakan baterai lebih besar. Motor listrik mobil ini sanggup mengeluarkan 12,3 hp dan torsi 56 Nm.

Replika truk listrik Tesla Cybertruck diperkenalkan di IIMS, 15 April 2021.Replika truk listrik Tesla Cybertruck diperkenalkan di IIMS, 15 April 2021. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

Tesla Cybertruck

Truk listrik Tesla, Cybertruck, muncul di stan importir umum Prestige Image Motorcars di IIMS 2021. Namun sayangnya mobil ini bukan seperti unit yang pernah dikemudikan Elon Musk sebab hanya replika.

Prestige sengaja menyuguhkan replika Cybertruck agar konsumen di Indonesia bisa mendapatkan gambaran seperti apa wujudnya. Replika dikatakan dibuat semirip mungkin dari sisi eksterior dan interior, termasuk ukuran agar konsumen mudah memahami bentuknya.

Prestige sudah mulai membuka pemesanan Cybertruck, diprediksi unit bisa didapat konsumen pada tahun depan.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK