TIPS TEKNOLOGI

Cara Mengubah WhatsApp Biasa ke Akun Bisnis

tim, CNN Indonesia | Kamis, 06/05/2021 15:00 WIB
Anda bisa mengubah akun WhatsApp (WA) biasa ke akun bisnis. Berikut cara mengubah WA biasa ke WA bisnis. Anda bisa mengubah akun WhatsApp (WA) biasa ke akun bisnis. Berikut cara mengubah WA biasa ke WA bisnis. (Foto: WhatsApp)
Jakarta, CNN Indonesia --

Anda bisa mengubah akun WhatsApp (WA) biasa ke akun bisnis. Akun bisnis akan memudahkan Anda dalam menjalankan usaha. Berikut cara mengubah WA biasa ke WA bisnis.

WhatsApp bisnis adalah aplikasi pesan online yang ditujukan untuk para pemilik usaha dalam berjualan atau menawarkan jasanya. Aplikasi WhatsApp Bisnis dapat memudahkan komunikasi dengan pelanggan. Aplikasi ini cocok untuk bisnis skala kecil, menengah, hingga besar.

Dikutip dari situs resminya, WhatsApp bisnis menawarkan sejumlah keuntungan bagi penggunanya dalam berbisnis. Berikut fitur WhatsApp bisnis.


  • Dapat membuat katalog untuk menampilkan produk dan layanan.
  • Fitur khusus untuk mengotomatiskan, menyortir, dan merespons pesan dengan cepat.

Untuk membuat akun WhatsApp bisnis, Anda bisa registrasi menggunakan nomor baru atau menggunakan nomor yang sudah terdaftar di WhatsApp. Anda bisa mengubah nomor yang biasa Anda gundakan di WhatsApp menjadi akun bisnis.

Berikut cara mengubah WA biasa ke WA bisnis:

1. Buat cadangan akun WhatsApp Messenger

Ilustrasi Whatsapp. CNN Indonesia/Bisma SeptalismaCara mengubah akun WhatsApp biasa ke WhatsApp bisnis bisa dilakukan dengan mencadangkan chat terlebih dahulu. (Foto ilustrasi: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Apabila Anda ingin beralih ke WhatsApp bisnis, buat cadangan chat supaya riwayat perpesanan tidak hilang. Berikut langkah membuat cadangan akun

  • Buka WhatsApp Messenger.
  • Ketuk ikon titik tiga lalu pilih setelan, bagi pengguna Android. Ketuk pengaturan di layar chat, bagi pengguna iPhone.
  • Dari setelan, ketuk chat, lalu cadangkan chat, kemudian cadangkan atau cadangkan sekarang.

2. Unduh dan buka aplikasi WhatsApp Bisnis

Aplikasi WhatsApp bisnis (Business) dapat diunduh gratis melalui Google Play Store bagi pengguna Android dan Apple App Store untuk pengguna iPhone. Ketuk ikon WhatsApp Business pada layar utama telepon Anda untuk mengunduh aplikasi.

3. Tinjau ketentuan layanan

Baca seluruh ketentuan layanan WhatsApp bisnis, lalu ketuk Setuju dan lanjut untuk menerima ketentuan.

4. Daftar nomor telepon

Young woman using her mobile phone on the street, sending messages or taking pictures . Copy spaceCara mengubah WhatsApp biasa ke WhatsApp bisnis bisa dilakukan dengan mendaftarkan nomor telepon yang sudah digunakan. (Foto: Istockphoto/Warchi)

Aplikasi WhatsApp bisnis akan secara otomatis mengetahui nomor WhatsApp Messenger yang Anda gunakan. Ketuk opsi dengan nomor telepon bisnis Anda.

5. Transfer akun

Tetap buka aplikasi WhatsApp Business dan pastikan telepon dalam keadaan aktif sampai proses transfer akun selesai. Meskipun proses transfer terjadi secara otomatis, Anda mungkin akan diminta untuk memulihkan dari cadangan.

Ketuk Lanjut atau Pulihkan lalu ketuk Lanjut jika diminta.

6. Beri izin akses ke kontak

Kontak dari buku telepon Anda dapat ditambahkan ke aplikasi WhatsApp Business. Anda juga bisa mengizinkan akses ke foto, video, dan file yang ada pada telepon Anda.

7. Buat akun

Di tahap ini, Anda diminta memasukkan nama bisnis, pilih kategori bisnis, lalu pilih foto profil untuk bisnis.

8. Buat profil bisnis

Anda dapat menambahkan informasi bisnis penting seperti alamat, deskripsi, jam kerja, dan lain-lain.

Ketuk Lihat > Profil bisnis.

9. Mulai chat

WhatsApp BusinessCara mengubah akun WA biasa ke WA bisnis dapat bisa dilakukan dengan mudah. Saat akun sudah terbuat Anda bisa mengirimkan chat kepada pelanggan. (Foto: WhatsApp)

Di bagian ini, profil bisnis Anda sudah tersetel dan bisa memulai chat dengan pelanggan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Ketuk ikon untuk tulis pesan, lalu cari atau pilih kontak yang ingin Anda kirimi pesan.
  • Kemudian ketik pesan di kolom teks lalu ketuk ikon send untuk mengirim.

Profil dan akun WhatsApp bisnis sudah dinyatakan aktif dan dapat digunakan untuk kebutuhan usaha.

Itulah cara mengubah WA biasa ke WA bisnis yang dapat dicoba untuk menunjang bisnis Anda. Gunakan WhatsApp bisnis agar bisnis Anda semakin untung.

(avd/ptj)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK