Akun Facebook Trump Tetap Diblokir, Akan Dikaji 6 Bulan Lagi

CNN Indonesia | Kamis, 06/05/2021 07:08 WIB
Dewan Pengawas menyatakan mendukung keputusan Facebook untuk memblokir akun mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Ilustrasi Facebook blokir akun Trump. (REUTERS/CHERISS MAY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dewan Pengawas menyatakan mendukung keputusan Facebook untuk memblokir akun mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Politikus partai republik itu sudah diblokir untuk memposting konten di halaman Facebook dan akun Instagram-nya sejak 7 Januari 2021.

Meski demikian, Dewan Pengawas memberi waktu enam bulan kepada Facebook untuk menentukan apakah Trump harus dilarang secara permanen atau tidak.

Dalam laman resmi, Dewan Pengawas menilai keputusan Facebook memberlakukan penangguhan tanpa batas waktu yang jelati tidak tepat. Pasalnya, Facebook hanya memiliki kebijakan menghapus konten yang melanggar, memberlakukan penangguhan dalam waktu tertentu, atau menonaktifkan halaman dan akun secara permanen.


"Dewan berkeras agar Facebook meninjau masalah ini untuk menentukan dan membenarkan tanggapan yang proporsional yang konsisten dengan aturan yang diterapkan pada pengguna lain dari platformnya," bunyi pernyataan Dewas Facebook.

Dewan Pengawas juga meminta Facebook untuk menerapkan kebijakan yang jelas dan proporsioal demi mempromosikan keselamatan publik dan menghormati kebebasan berekspresi.

Melansir NBC, putusan itu mendorong Facebook untuk lebih jelas mendefinisikan hukuman bagi para pemimpin dunia yang melanggar aturannya.

"Dewan Pengawas dengan jelas mengatakan kepada Facebook bahwa mereka tidak dapat menciptakan aturan baru yang tidak tertulis jika sesuai untuk mereka," kata Helle Thorning-Schmidt, salah satu ketua Dewan Pengawas dan mantan perdana menteri Denmark.

Facebook pertimbangan keputusan Dewan Pengawas soal Trump

Nick Clegg, wakil presiden urusan global dan komunikasi Facebook mengatakan dalam sebuah posting blog menanggapi kritik dewan bahwa perusahaan akan mempertimbangkan keputusan dewan dan membuat tindakan yang jelas dan proporsional.

"Sementara itu, akun Tuan Trump tetap ditangguhkan," tulis Clegg.

Keputusan untuk menegakkan larangan tersebut merupakan pukulan bagi harapan Trump untuk muncul lagi ke Facebook atau Instagram dalam waktu dekat. Namun, keputusan itu membuka pintu baginya untuk kembali ke platform tersebut.

(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK