TIPS TEKNOLOGI

Cara Menghapus Akun Facebook secara Permanen

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 13/05/2021 13:05 WIB
Menghapus akun secara permanen akan membuat semua data yang ada di dalam akun terhapus dan tidak dapat dipulihkan. Berikut cara menghapus akun Facebook. Menghapus akun secara permanen akan membuat semua data yang ada di dalam akun terhapus dan tidak dapat dipulihkan. Berikut cara menghapus akun Facebook. (Foto: AFP/DENIS CHARLET)
Jakarta, CNN Indonesia --

Facebook telah ramai digunakan sejak Friendster dan Myspace redup. Era tersebut telah berjalan selama lebih dari 1 dekade.

Meski hingga kini masih banyak digunakan, namun tidak sedikit juga pengguna yang kemudian meninggalkan Facebook dan beralih ke media sosial lain yang lebih menarik.

Ada dua cara meninggalkan Facebook, pertama membiarkannya dan tidak akan membukanya lagi, kedua menghapusnya secara permanen.


Membiarkannya begitu saja berisiko foto maupun informasi diri yang ditampilkan di Facebook disalahgunakan orang tidak bertanggung jawab untuk tindakan yang mungkin bisa merugikan Anda nantinya.

Pilihan kedua, menghapusnya secara permanen akan menghapus semua data yang ada di dalam akun. Cara menghapus akun Facebook berbeda dengan menonaktifkan akun. Akun tidak akan dapat digunakan lagi setelah Anda menghapusnya.

Sebelum menghapus, salin data seperti foto jika masih ada yang ingin Anda gunakan atau kenang. Anda tidak akan dapat memulihkan data apa pun setelah memutuskan untuk menghapus.

Cara Menghapus Akun Facebook secara Permanen

ilustrasi FacebookSetelah melakukan cara menghapus akun Facebook, maka akun tidak akan dapat digunakan lagi. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
  1. Buka atau log in akun FB.
  2. Klik ikon tanda panah kecil di pojok kanan atas.
  3. Klik Pengaturan & Privasi > lalu klik Pengaturan.
  4. Klik Informasi Facebook yang berada di kolom sebelah kiri.
  5. Klik Penonaktifan dan Penghapusan.
  6. Klik Hapus Akun Secara Permanen > kemudian klik Lanjutkan ke Penghapusan Akun.
  7. Klik Hapus Akun dan masukkan kata sandi lalu klik Lanjutkan.
  8. Akun facebook terhapus permanen.

Setelah berhasil melakukan cara menghapus akun Facebook di atas, ada hal yang perlu Anda ketahui setelah akun Facebook terhapus, antara lain:

  • Anda tidak akan bisa mengaktifkan kembali akun Facebook.
  • Semua data (profil, foto, postingan, video) yang ada di akun Facebook Anda akan terhapus secara permanen dan tidak dapat dipulihkan atau dikembalikan.
  • Facebook Messenger tidak akan dapat digunakan lagi.
  • Segala media sosial yang pendaftarannya menggunakan akun Facebook seperti Spotify atau Pinterest tidak akan bisa diakses atau log in.
  • Riwayat pesan yang Anda kirim ke teman Anda masih dapat dibaca oleh penerima pesan dan tersimpan dalam kotak masuk penerima.
  • Jika menggunakan akun Facebook untuk login ke Oculus maka semua informasi yang ada di Oculus seperti pembelian aplikasi dan pencapaian Anda akan ikut terhapus dan tidak dapat dipulihkan.

Bisakah Penghapusan Akun Dibatalkan?

Cara menghapus akun Facebook diikuti dengan pembatalan penghapusan akun. Penghapusan akun dapat dibatalkan jika dalam kurun waktu 30 hari atau kurang Anda kembali log in dan memilih opsi Batalkan Penghapusan.

Facebook membutuhkan waktu hingga 90 hari untuk menghapus seluruh data sejak Anda meminta proses penghapusan akun. Setelah 90 hari, salinan informasi Anda kemungkinan masih berada pada penyimpanan cadangan Facebook.

(imb/fef)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK