Operator Jamin Kelancaran Jaringan Internet Jelang Idulfitri

eks, CNN Indonesia | Selasa, 11/05/2021 15:22 WIB
Sejumlah operator telekomunikasi mengungkap situasi kesiapan jaringan internet mereka jelang Idulfitri. Ilustrasi. Sejumlah operator telekomunikasi mengungkap situasi kesiapan jaringan internet mereka jelang Idulfitri. (dok. Oppo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah operator telah mempersiapkan jaringan telekomunikasi mereka jelang perayaan Idulfitri 2021.

Mereka melakukan antisipasi penambahan kapasitas jaringan internet, menyediakan mobile BTS, hingga membentuk tim khusus untuk menjaga kelancaran jaringan yang diprediksi meningkat selama Idulfitri.

Telkomsel

Telkomsel memperkirakan trafik layanan broadband diprediksi akan tumbuh sebesar 8,54 persen, sedangkan trafik layanan panggilan suara dan SMS diproyeksi akan mengalami peningkatan sebesar 3,14 persen dan 2,95 persen.


Sehingga, untuk memperkuat kualitas dan kapasitas jaringan, Telkomsel mengoperasikan tambahan 63 unit mobile BTS dan menambah kapasitas internet capacity menjadi 8,07 Tbps.

Antisipasi lonjakan trafik komunikasi khususnya akses broadband untuk konektivitas digital akan difokuskan di wilayah residensial, rumah ibadah, rumah sakit penanganan COVID-19, titik transit transportasi seperti bandara, terminal bus, pelabuhan, jalur penyaluran logistik, serta area spesial lainnya seperti pusat pelayanan publik.

Secara keseluruhan, optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan tersebut akan difokuskan di 554 point of interest (POI) di seluruh Indonesia.

Indosat

Indosat Ooredoo memperkirakan akan terjadi peningkatan trafik sebesar 24,1 persen pada Idulfitri 2021 ketimbang Lebaran tahun lalu. Selain itu kenaikan trafik pada Idulfitri 2021 juga naik 13 persen dari hari biasa di 2021.

Jika dijabarkan, kenaikan penggunaan data pada Lebaran 2021 mencapai 44 persen dari total kapasitas ketersediaan jaringan sebesar 42,49 Tb/hari. Sementara kapasitas panggilan suara hanya 5 persen dari total yang disediakan. Untuk, trafik SMS diperkirakan mencapai 26 persen dari kapasitas 1,2 miliar SMS/hari.

Indosat juga mencatat kenaikan trafik data hari biasa di 2021, 50 persen lebih banyak dari hari biasa di 2020.

Wilayah yang akan diantisipasi mengalami peningkatan trafik berdasarkan kenaikan tertinggi tahun lalu adalah Botabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung.

Indosat juga mengaku telah melakukan peningkatan kualitas jaringan sejak awal tahun sehingga kecepatan unduh rata-rata berhasil meningkat 6 persen di tengah kenaikan trafik data sebesar 8 persen dibandingkan hari biasa.

Menghadapi kebutuhan telekomunikasi pelanggan yang terus meningkat, tahun ini Indosat Ooredoo telah membangun jaringan 4G berkualitas video dengan jauh lebih cepat dari yang direncanakan. Lebih dari 50 persen rencana site baru 2021 sudah selesai dibangun di kuartal pertama. Tidak hanya itu saja, lebih dari 32 persen rencana peningkatan kapasitas jaringan dan lebih dari 33 persen rencana fiberisasi berhasil dieksekusi dalam periode yang sama.

Dalam satu tahun terakhir, trafik data tercatat naik sekitar 50 persen di kuartal pertama 2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kecepatan unduh rata-rata juga meningkat hampir 50 persen.

Kesiapan Jaringan XL, Tri, dan Smartfren

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK