Menkominfo: Jokowi Titip Pesan Pasang 5G di Ibu Kota Baru

CNN Indonesia | Kamis, 27/05/2021 18:13 WIB
Menkominfo menyinggung ibu kota baru di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara pada saat peresmian layanan 5G perdana di tanah air. Ilustrasi Menkominfo Johnny Plate resmikan 5G. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate menyinggung ibu kota baru Indonesia yang direncanakan akan dibangun di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur pada saat peresmian layanan 5G perdana di tanah air, Kamis (27/5).

Johnny mengklaim akan menjalankan amanat Presiden Joko Widodo yang menyatakan Ibu Kota Negara (IKN) baru akan dibuat menjadi kota berbasis autonomous yang ditunjang dengan jaringan 5G.

"Presiden menjelaskan kepada saya, ibu kota negara baru nanti berbasis autonomous atau berbasis 5G. Itu kesempatan yang luar bisa. Indonesia mempunyai kesempatan yang besar," ujar Johnny saat sambutan peresmian jaringan 5G di The Telkom Hub, Jakarta, (27/5).

Lebih lanjut ia juga menuturkan revolusi jaringan telekomunikasi 5G itu tidak hanya untuk kepentingan layanan internet saja, tetapi juga untuk menunjang kemajuan industri di Indonesia.

Di tempat yang sama, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menuturkan, transformasi digital disebut dapat menjadi dukungan ekonomi di Indonesia. Ia menyadari untuk mendongkrak ekonomi tidak hanya dilakukan dengan mendongkrak pasar, tetapi lewat teknologi.

"Pandemi membukakan mata kita bahkan membangunkan kita dr tidur, bahwa membikin market yang besar tidak lagi cukup untuk membangun teknologi bangsa. Transformasi digital juga menjadi dukungan ekonomi," kata Erick yang hadir secara virtual.


Surat Keterangan Laik Operasi untuk Telkomsel diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika pada 21 Mei 2021, sementara uji laik operasi (ULO) dilakukan pada 19-20 Mei.

Telkomsel memanfaatkan spektrum frekuensi radio di pita frekuensi 2,3GHz untuk menggelar layanan 5G.

Tahap awal, enam lokasi di Jabodetabek sudah disiapkan untuk 5G, antara lain perumahan Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera. Lokasi-lokasi tersebut merupakan kawasan elite di Jabodetabek.

Kawasan Widya Chandra sendiri merupakan komplek perumahan elite yang dihuni para menteri dan pejabat-pejabat tinggi negara.

Selain di Jabodetabek, Telkomsel juga berencana menyediakan layanan 5G di Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

(can/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK