Microsoft Resmi Rilis Windows 11, Bisa Pakai Aplikasi Android

CNN Indonesia | Jumat, 25/06/2021 01:05 WIB
Microsot menata ulang sistem operasi lewat Windows 11, sehingga ada begitu banyak kebaruan dan relevan dengan kebutuhan masa kini. Microsoft resmi merilis sistem operasi komputer Windows 11 pada Kamis (25/6). (Drew Angerer/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Microsoft resmi merilis sistem operasi komputer Windows 11 pada Kamis (25/6). Windows 11 didesain dengan tampilan lebih sederhana serta ada peningkatan kinerja serta mendukung multitasking yang lebih optimal.

"Hari ini menandai tonggak utama dalam sejarah Windows. Ini adalah awal dari generasi baru komputasi, kami menata ulang segalanya," kata Chief Executive Windows, Satya Nadella mengutip AFP, Kamis (25/6).

Nantinya, Windows 11 bisa membawa aplikasi Android untuk pertama kalinya. Akan tetapi tidak semua aplikasi Android bisa diterapkan di Windows 11.


Windows 11 juga akan menampilkan tombol Start baru. Posisinya pun tidak lagi di ujung kiri bawah layar, melainkan dipindah ke bagian tengah. Di bagian kiri layar bakal ada tampilan widget yang bisa dipersonalisasi.

Mengenai tema, ada pilihan Light dan Dark Mode. Kedua tema memiliki tampilan latar belakang yang transparan.

"Windows update lebih kecil 40 persen," tutur Panos Panay, Chief Product Officer Microsoft.

Windows 11 juga akan mengadopsi fitur Auto HRD untuk para penikmat gim. Gambar akan lebih tajam dan detail jika gim sedang dimainkan. Fitur lain yakni DirectStorage untuk memudahkan load game.

Sebelumnya, banyak pengamat yang memprediksi Windows 11 bakal menjadi produk tidak biasa bagi industri teknologi perangkat lunak.  Sebab, saat ini tengah terjadi kekurangan pasokan chip dan perangkat keras lain.

Mengutip India.com, Windows terbaru diharapkan menjadi jawaban untuk kehidupan kerja hybrid antara kerja di kantor dan rumah yang banyak dilakukan saat ini.

(AFP/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK