Pendiri Sebut Kini Wikipedia Tidak Bisa Dipercaya Lagi

CNN Indonesia | Kamis, 22/07/2021 12:38 WIB
Salah satu pendiri Wikipedia mengeluarkan pernyataan kontroversial bahwa ensiklopedia multi-bahasa itu tak bisa dipercaya lagi. Ilustrasi Wikipedia. (LIONEL BONAVENTURE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu pendiri Wikipedia Larry Sanger baru-baru ini membagikan pernyataan kontroversial tentang produk ensiklopedia multi-bahasa terbuka ciptaannya sendiri. Menurutnya kini Wikipedia sudah tidak dapat dipercaya.

Sanger menyatakan itu dalam wawancara dengan Lockdown TV Wikipedia dan menyebut situsnya tidak dapat diandalkan sebagai sumber kebenaran yang dapat diandalkan. Namun, Sanger tetap mempertahankan visi asli dari Wikipedia sebagai sebuah proyek 'sumber terbuka'.

"Bisakah kamu mempercayainya untuk selalu memberimu kebenaran? Yah, itu tergantung pada apa yang Anda pikirkan tentang kebenarannya," kata Sanger mengutip Futurism, Kamis (22/7).

Pada kesempatan itu Sanger sedikit memberi contoh melalui kritik pada halaman Wikipedia tentang Presiden AS Joe Biden.

"Artikel Biden, jika Anda melihatnya, menurut Partai Republik jelas tidak netral. Jadi, jika Anda ingin memiliki informasi dari sudut pandang Partai Republik tentang Biden, Anda tidak akan mendapatkannya dari artikel tersebut," ungkap dia.

Menurut dia setidaknya harus ada satu paragraf yang didedikasikan untuk skandal Biden di Ukraina dari pemilihan Presiden 2020. Hal ini dikatakan dapat menjadi penyeimbang informasi mengenai Biden yang merupakan politikus Demokrat itu.


Mengutip The Independent, Wikipedia, menurut Sanger, sudah menjadi semacam situs propaganda. Untuk isu-isu politik Amerika, Wikipedia memblokir pandangan konservatif dan lebih berhaluan kiri.

"Anda tidak bisa mengutip Fox News untuk isu sosial politik, pasti di-banned. Kalau tidak ada di media mainstream kiri-tengah, maka tidak akan ada di Wikipedia," kata Sanger.

Sanger juga mengungkapkan perusahaan PR membantu klien mereka untuk mengedit konten di Wikipedia. Selain kasus Joe Biden juga soal opini versi pemerintah soal Dr Anthony Fauci. Pendapat dari para pemenang Nobel atau para doktor bisa tidak dimasukkan di dalam Wikipedia.

"Bukan cuma tidak disambut di Wikipedia, mereka juga disensor di YouTube dan kadang Facebook dan Twitter karena narasi mereka berlawanan," keluhnya.

Sebelumnya, Wikipedia dihebohkan dengan artikel tentang Partai Komunis Indonesia (PKI). Tagar #boikotwikipedia sempat muncul usai kejadian tersebut.

Pada situs Wikipedia, jejak sejarah PKI diketahui mengalami perubahan. Dalam situs itu, PKI disebutkan sebagai korban. Singkat cerita, mantan Presiden Suharto dinilai sebagai otak dari pembantaian di Indonesia pada tahun 1965-1966.

Kegaduhan di Wikipedia memang sering terjadi. Belum lama, Sunda Empire yang menawarkan tatanan dunia baru diduga merubah informasi terkait Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) dan North Atlantic Treaty Organization (NATO).

Wikipedia bahasa Indonesia pun menyatakan telah menangani kasus perubahan informasi di artikel PBB dan NATO. Kegaduhan lain yang sempat terjadi di Wikipedia terkait dengan profil Idham Azis sebagai Wakil Kepala Polri.

Namun hanya berselang jam kemudian, laman tersebut kembali berubah menampilkan Idham Azis sebagai Kapolda Metro Jaya.

Selain di Indonesia, informasi yang disajikan di dalam Wikipedia juga sempat membuat heboh Turki. Wikipedia dikabarkan memuat tuduhan soal Turki mendukung kelompok teroris tertentu.

Atas hal itu, pemerintahan Recep Tayyip Erdogan mengambil tindakan dengan memblokir Wikipedia. Akan tetapi, Mahkamah Konstitusi Turki menyatakan tindakan tersebut telah melanggar kebebasan berekspresi.

(ryh/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK