Aplikasi Ponsel untuk Cek Kesehatan dan Mood Kucing

CNN Indonesia | Rabu, 28/07/2021 19:34 WIB
Aplikasi Tably yang tertanam di ponsel bisa memantau kesehatan dan mood kucing peliharaan. Ilustrasi Tably mendeteksi kesehatan hewan kucing. (Foto: iStockphoto/FamVeld)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kabar baik buat para pecinta kucing. Perusahaan teknologi kesehatan hewan di Calgary, Alberta, Kanada, bernama Sylvester.ai telah mengembangkan sebuah aplikasi khusus bernama Tably.

Aplikasi Tably yang tertanam di ponsel bisa memantau kesehatan dan mood kucing peliharaan hanya dengan memotret wajah kucing.

Dari foto, aplikasi ini kemudian akan 'membaca' posisi telinga dan kepala, penyempitan mata, ketegangan moncong, dan bagaimana kumis berubah, untuk mendeteksi kesehatan kucing.


Aplikasi ini mengambil dasar dari sebuah studi 2019 yang diterbitkan dalam jurnal peer-review Scientific Reports. Mereka menemukan bahwa apa yang disebut 'skala meringis kucing', atau FGS, merupakan alat valid dan andal untuk penilaian nyeri akut pada kucing.

"Ini membantu pemilik kucing manusia mengetahui apakah kucing mereka kesakitan atau tidak," kata Michael Priest, pemimpin usaha Sylvester.ai mengutip Reuters, Rabu (28/7).

Aplikasi Tably juga disebut sangat membantu kerja seorang dokter hewan muda, menurut Dokter Liz Ruelle dari Wild Rose Cat Clinic di Calgary.

"Saya suka bekerja dengan kucing, selalu tumbuh dengan kucing. Untuk rekan-rekan lain, lulusan baru, yang mungkin belum memiliki banyak pengalaman, bisa sangat menakutkan mengetahui apakah pasien Anda kesakitan," ucapnya.

Sementara itu Alice Potter dari badan amal hewan Inggris RSPCA mengatakan aplikasi ini juga menentukan seberapa besar keinginan orang untuk memelihara hewan.

Sebab aplikasi memantau keseluruhan bagian hewan peliharaan muai kepala hingga ke bagian ekornya, termasuk juga kebiasaannya sehari-hari.

"Kucing yang khawatir atau takut akan memegangi ekornya dengan sangat erat dan tegang. Selain itu aplikasi memantau perilaku hewan seperti makan, minum, bab, atau tidur seperti biasanya," ucap Potter.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK