Alasan Harga Ban Bugatti Veyron Setara Fortuner

CNN Indonesia | Rabu, 04/08/2021 17:00 WIB
Mengganti satu set ban Bugatti Veyron totalnya mencapai US$42.000 atau Rp601 juta. Bugatti Veyron. (Foto: Screenshot via instagram.com (@nachoseann))
Jakarta, CNN Indonesia --

Bugatti Veyron, selain harga dan kecepatannya yang bikin geleng kepala, mobil super ini juga bisa menguras isi kantong pemiliknya dari sisi lain, yakni ketika harus mengganti satu set ban.

Bagaimana tidak, biaya yang harus dikeluarkan untuk mengganti satu set ban Bugatti Veyron totalnya mencapai US$42.000 (Rp601 juta / US$1 = Rp14.315). Dengan bajet itu kita bisa memboyong satu unit Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia.

Namun harga selangit ban Bugatti Veyron punya alasan. Veyron menggunakan ban Michelin Pilot Sport PAX yang dibuat khusus. Ban-ban yang dimaksud tidak seperti si karet bundar pada mobil kebanyakan.


Ban khusus ini menggunakan bahan perekat ketika dimasukkan ke pelek. Perekat ini membutuhkan penggantian kira-kira setiap 18 bulan untuk memastikan segel dalam kondisi baik, terlepas dari pemiliknya yang menggunakan mobil atau cuma memarkirkan mobil di garasi, mengutip laporan Motor1.

Sedangkan istilah 'PAX' dari nama ban itu mengacu pada sistem run-flat Michelin yang menempatkan sisipan poliuretan dan karet di antara bagian dalam ban serta roda. Jika terjadi tusukan, bagian ini mampu menopang kendaraan dan membiarkannya terus melaju.

Lebar ban Bugatti Veyron mencapai 14,4 inci, dan menjadikannya juga tapak terluas dibanding model lainnya. Tidak mengherankan jika ban-ban ini butuh perhatian khusus dari pemiliknya.

Semua teknologi yang diracik pada ban ini untuk meladeni kekuatan mobil yang sanggup melahap kecepatan 429 kilometer per jam dilansir Drive Tribe.

Selain itu, perawatan Bugatti tak melulu pada ban, melainkan soal penggantian segala jenis cairan yang mencapai US$25 ribu, tangki bahan bakar yang mencapai US$25 ribu yang belum termasuk biaya jasa senilai US$22 ribu.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK