101 TEKNO

Mengenal Beda Surface Web, Deep Web dan Dark Web

CNN Indonesia
Sabtu, 25 Sep 2021 13:48 WIB
Surface Web, Deep Web dan Dark Web adalah bagian dari internet dengan muatan dan cara penjelajahan yang berbeda. Surface Web, Deep Web dan Dark Web adalah bagian dari internet dengan muatan dan cara penjelajahan yang berbeda. (iStock/agrobacter)

Dark Web

Dark web merupakan bagian dari deep web yang lebih dalam lagi konteksnya. Sama halnya dengan deep web, dark web juga tidak bisa terdeteksi oleh mesin pencari.

Perbedaannya terletak pada isi konten di mana dark web berisi berbagai aktivitas ilegal.

Contohnya, salah satu situs pengedar narkoba yang sangat terkenal bernama Silk Road. Pemilik situs tersebut sudah ditangkap dan dihukum penjara seumur hidup.


Peramban biasa tidak dapat mengakses situs dark web. Sebaliknya, dark web menggunakan apa yang disebut protokol layanan tersembunyi the onion router. Pada saat yang sama, penerbit situs dark web juga anonim berkat enkripsi khusus yang disediakan oleh protokol.

Saat mengakses dark web, pengguna tidak sedang menjelajahi peladen yang saling berhubungan yang secara teratur berinteraksi dengan pengguna. Sebaliknya, semuanya tetap internal di jaringan the onion router yang memberikan keamanan dan privasi bagi semua orang secara setara.

Dark web beroperasi dengan tingkat anonimitas yang tinggi. Ini menampung aktivitas dan konten yang tidak berbahaya, serta yang kriminal.

Selain itu, dark web lebih dikenal dengan konten gelap alias konten ilegal dan terkadang mengganggu buat sebagian besar pengguna internet.

Ada beberapa masalah keamanan yang perlu dipertimbangkan dalam penggunaan dark web:

Unsur kriminal: Ada kemungkinan pengguna akan menemukan situs yang dijalankan oleh penjahat. Selain menjual barang dan jasa ilegal, mereka mungkin berusaha mengeksploitasi dan mencuri data atau bahkan uang dari penggunanya.

Melanggar hukum: pengguna dapat dituntut untuk hal-hal yang dilakukan di dark web. Penting untuk berperilaku dengan cara yang sesuai dan legal.

Tautan yang mencurigakan: Jika pengguna mengklik tautan apa pun, pengguna mungkin dibawa ke materi yang mungkin tidak ingin dilihat. Ada juga kemungkinan dengan mengeklik tautan atau mengunduh file dapat menginfeksi perangkat pengguna dengan Malware.

[Gambas:Video CNN]



(mts/ayp)
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER