Cara Cek Lokasi RS-Puskesmas Lewat PeduliLindungi

CNN Indonesia | Jumat, 24/09/2021 16:30 WIB
Masyarakat bisa menggunakan aplikasi PeduliLindungi buat mengetahui lokasi fasilitas kesehatan seperti rumah sakit atau puskesmas. Masyarakat bisa menggunakan aplikasi PeduliLindungi buat mengetahui lokasi fasilitas kesehatan seperti rumah sakit atau puskesmas. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selain untuk menampilkan sertifikat vaksin, masyarakat bisa menggunakan aplikasi PeduliLindungi buat mengetahui lokasi fasilitas kesehatan seperti rumah sakit atau puskesmas.

PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran virus corona (Covid-19).

Aplikasi tersebut mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan.


Pengguna juga akan mendapat notifikasi jika ia sedang berada di keramaian atau zona merah. Penggunaan aplikasi ini juga telah banyak dijadikan syarat untuk memasuki area publik seperti mal, restoran dan stasiun.

Selain itu, masyarakat dapat mengakses informasi terkait lokasi dari fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia pada aplikasi PeduliLindungi. Fasilitas kesehatan tersebut dapat dijadikan rujukan bagi masyarakat untuk melakukan tes polymerase chain reaction (PCR).

Untuk mengetahui lokasi fasilitas kesehatan yang terintegrasi dengan PeduliLindungi, berikut kami rangkum caranya sebagai berikut.

1. Pastikan aplikasi PeduliLindungi sudah terpasang di ponsel Anda.

2. Jika belum, Anda dapat mengaksesnya via web dengan mengunjungi www.pedulilindungi.id.

3. Log in dengan alamat surel atau nomor telepon yang terdaftar saat mengikuti vaksinasi.

4. Jika sudah masuk, arahkan kursor atau scroll ke arah bawah sampai menemukan bar pencarian atau menu "Temukan Fasilitas Kesehatan yang Melayani Vaksinasi COVID-19"

5. Klik tombol 'cari' pada bar pencarian.

6. Kemudian akan muncul tampilan untuk mencari fasilitas kesehatan berdasarkan wilayah.

7. Isi kolom Provinsi, Kota/Kabupaten dan Kecamatan sesuai titik lokasi yang Anda cari.

8. Maka sejumlah titik lokasi fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit atau Puskesmas yang terintegrasi dengan PeduliLindungi akan muncul.

Penggunaan PeduliLindungi adalah untuk mencegah lonjakan kasus aktif Covid-19, di mana aplikasi berperan sebagai alat pembuka pada fasilitas publik. Sehingga, pergerakan masyarakat di fasilitas publik akan terpantau.

Selain itu, PeduliLindungi juga bisa melacak masyarakat yang melakukan tes PCR, karena berbagai laboratorium telah terkoneksi New All Record (NAR).

(mrh/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK