Tim Ekspedisi Temui Banyak Ular di Dasar Sumur Neraka

CNN Indonesia
Minggu, 26 Sep 2021 14:30 WIB
Tim ekspedisi gua asal Oman menyaksikan banyak ular di dasar 'Sumur Neraka' atau Sumur Berhout di Yaman. Tim itu menjadi manusia pertama yang capai dasar sumur. Lokasi Sumur Neraka di Yaman. Foto: AFP

Sumur Neraka itu berada di dekat perbatasan Yaman dengan Oman di provinsi timur Al-Mahra. Pejabat Yaman mengaku mereka tak tahu apa yang terdapat di bawah sumur itu.

"Ini sangat dalam - kami belum pernah mencapai dasar sumur ini, karena hanya ada sedikit oksigen dan tidak ada ventilasi," kata Salah Babhair, direktur jenderal survei geologi dan otoritas sumber daya mineral Mahra.

Lubang sumur tersebut memiliki lebar 30 meter, dengan kedalaman lebih dari 100 meter di bawah tanah. Apa yang ada di bawahnya diprediksi berumur jutaan tahun.


"Kami telah mengunjungi daerah itu dan memasuki sumur, mencapai lebih dari 50-60 meter ke dalamnya. Kami melihat hal-hal aneh di dalamnya. Kami juga mencium sesuatu yang aneh... Ini situasi yang misterius," ujar salah satu tim penjelajah.

Apabila mengamati dari tepian sumur, hanya sedikit yang bisa terlihat.

Sinar matahari pun tak bisa menembus seluruh bagian lubang ini. Meski demikian, burung-burung masih dapt terbang keluar masuk sumur.

Sumur neraka disebut menjadi tempat misterius yang telah lama menjadi subjek banyak mitologi dan cerita rakyat. Dalm kisah cerita rakyat disebutkan tempat itu sebagai penjara bagi para setan. Sebutan itu terkait bau busuk yang keluar dari sumur.

Selama berabad-abad silam, cerita rakyat telah beredar. Disebutkan terdapat sebangsa jin dan tokoh gaib yang menghuni bawah sumur tersebut.

"Beberapa orang mengatakan di sanalah orang-orang murtad dan orang-orang yang tidak percaya disiksa setelah kematian," kata ahli geologi dan pemilik Pusat Konsultasi Ilmu Bumi seperti dikutip dari The National, Selasa (21/9).

Sebagian penduduk setempat meyakini benda-benda yang berada di dekat lubang dapat tersedot ke arahnya. Banyak warga lokal tetap gelisah mengunjungi lubang besar, atau bahkan membicarakannya, karena takut tertimpa nasib buruk.

Tak heran banyak penjelajah sebelumnya enggan untuk turun ke dasar sumur tersebut, menurut laporan 7 News.

Mohammad berharap dengan kunjungannya ke dasar Sumur Neraka, itu dapat menghilangkan beberapa mitos seputar gua dan situs serupa lainnya.

"Saya percaya bahwa Sumur Neraka, yang dikenal sebagai Barhout, adalah sebuah gua legendaris yang ditempatkan di banyak gua di Yaman. Sekarang setelah kita pergi ke Khasfat Foujit, gua itu tidak boleh disebut dengan nama lain selain daerah tempat itu berada," tutupnya.

(can/gil)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER