Zuckerberg Disebut Belum Mantap Pilih Nama Baru Facebook

ttf | CNN Indonesia
Jumat, 22 Oct 2021 20:15 WIB
Meski sudah ada beberapa nama pengganti yang diperkirakan, Mark Zuckerberg disebut belum memilih nama baru untuk Facebook. Meski sudah ada beberapa nama pengganti yang diperkirakan, Mark Zuckerberg disebut belum memilih nama baru untuk Facebook. (Foto: AP/Andrew Harnik)
Jakarta, CNN Indonesia --

CEO Facebook Mark Zuckerberg dikabarkan belum mantap memilih nama baru untuk menggantikan Facebook.

The Verge melaporkan bahwa Facebook kemungkinan besar bakal mengubah namanya untuk lebih mencerminkan ambisi 'Metaverse'.

Laporan lain mengklaim bahwa sampai saat ini, nama baru Facebook belum diputuskan meskipun perusahaan berencana untuk segera mengungkapnya.


Dikutip SEA Mashable, Jurnalis Casey Newton mengatakan telah mengkonfirmasi bahwa perubahan nama akan diumumkan pada Senin (25/10).

Hal tersebut seiring dengan akan digelarnya konferensi Oculus Connect, yang dijadwalkan Kamis depan.

Terlepas dari timeline yang mendesak, paling lama sepekan, Newton mengatakan bahwa Zuckerberg belum menentukan nama akhir.

Laporan tersebut juga menjelaskan asal usul kemungkinan perubahan nama ini. Perusahaan dilaporkan telah mendiskusikan langkah tersebut setidaknya selama dua bulan terakhir.

Sedangkan mantan CMO Facebook, Antonio Lucio telah mendorong perubahan nama perusahaan itu sejak tiga tahun lalu dengan tujuan untuk memisahkan produk dari perusahaan tetapi keputusan tersebut ditolak.

Facebook terus menghasilkan banyak uang. Kondisi tersebut juga seiring dengan banyaknya kekhawatiran tentang peran Facebook dalam pemilihan presiden Amerika Serikat di 2016 lalu.

Kekhawatiran termasuk dalam praktik privasi dan keamanannya, serta efek umumnya pada kesejahteraan mendorong regulator untuk menjatuhkan denda, dan bahkan mengusulkan untuk memecahnya menjadi beberapa perusahaan yang lebih kecil.

Sebab itu, dibutuhkan lembaran baru buat Facebook untuk menjadi awal dari perubahan.

Menurut Newton, alasan lain untuk perubahan nama adalah bahwa Facebook berpikir jauh lebih luas daripada media sosial lain yang hadir hari ini.

Zuckerberg telah secara terbuka berbicara tentang metaverse, istilah yang agak tidak jelas yang dikaitkan Facebook dengan virtual dan augmented reality yang dianggap bakal menjadi masa depan perusahaan.

Adapun nama barunya nanti, pilihan terbaik saat ini disebut 'Meta'. Nama tersebut terdengar seperti ada kaitan erat dengan cerita metaverse, dan sepertinya Facebook memiliki domain web 'meta.com.'

Dikutip Bussines Insider, Zuckeberg telah berbicara pada Verge pada Juli lalu dan menyebut bahwa ia ingin agar Facebook bisa menjadi perusahaan metaverse.

Facebook juga telah mengumumkan pada Senin lalu bahwa mereka berencana untuk merekrut 10 ribu orang di Eropa dalam lima tahun ke depan untuk membangun ambisi metaversenya.

"Kami tidak akan berkomentar pada rumor atau spekulasi," ucap juru bicara Facebook kepada Business Insider.

(ttf/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER