TEST DRIVE ALL-NEW AVANZA

All New Avanza, Naik Kelas dan 'Cerewet'

CNN Indonesia
Sabtu, 20 Nov 2021 14:51 WIB
Toyota Avanza baru yang dengan julukan Toyota Avaza baru sudah menggunakan penggerak roda depan. (Foto: Toyota Astra Motor)
Tangerang, CNN Indonesia --

Toyota Avanza generasi ketiga yang meluncur beberapa waktu lalu menyudahi rasa penasaran saya perubahan yang terjadi. Generasi baru Avanza ini juga sekaligus menandakan bila Toyota telah resmi memisahkan antara Avanza dan Veloz.

Veloz yang dahulu menjadi model atau varian tertinggi Avanza, kini ceritanya lain yakni dibuat berdiri sendiri bakal menggaet segmen berbeda.

Tapi untuk kali ini saya tidak akan banyak bercerita soal Veloz. Melainkan sisi lain Avanza yang kini hadir dengan cerita baru lewat test drive singkat di sela-sela perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.


Avanza sudah mengalami naik turun penjualan sejak 2004, sampai generasi kedua diluncurkan pada 2011. Memasuki generasi ketiga Avanza desainnya berubah dan sistem gerak belakang dipindah ke depan. Bagaimana rasa berkendara Avanza? Simak ulasan berikut.

Eksterior Avanza baru

Sisi luar produk yang dikenal sebagai mobil sejuta umat ini memang saya akui jauh lebih menarik dari dua generasi sebelumnya. Sisi samping, belakang, dan depannya semua dirombak total. Sedangkan bagian depan seakan kental dengan desain Raize.

Desain keseluruhan juga membuat Avanza menjadi lebih kekar dan maskulin laiknya SUV medium.

Namun secara teknis, Avanza baru memang sekaligus mengalami penyesuaian ukuran. Avanza ini lebarnya bertambah 7 cm dan panjang bertambah 20 cm. Kemudian tinggi dibuat lebih rendah 40 cm meski begitu ground clearance menjadi 205 mm dari sebelumnya 197 mm.

Sedangkan pelek masih menggunakan ukuran 16 inci, berbeda dari Veloz yang sudah mengadopsi pelek 17 inci.

Avanza baru platformnya juga diganti dan kini disebut Platform Full Engine - Front Wheel Drive (FF). Platform FF ini diklaim membuat Avanza lebih stabil dan juga ada pengaturan suspensi baru yang disebut membuat mobil ini lebih halus dan senyap.

Interior Avanza baru

Saya terkesan dengan perubahan pada Avanza terbaru. Kebetulan juga Avanza yang saya gunakan merupakan varian tertinggi yaitu 1.5G CVT TSS. Tanpa PPnBM, varian ini dijual Rp264,4 juta.

TSS sendiri merupakan kepanjangan dari Toyota Safety Sense atau paket fitur keselamatan dari Toyota.

Perbedaan dari interior jelas terlihat mulai dari head unit baru yang posisinya lebih tinggi, ac sudah digital, hingga warna interior dengan perpaduan dua warna.

Kemudian duduk di balik kemudi juga sudah terasa perbedaannya. Buat pengemudi dengan ukuran tinggi 180 cm, duduk di kokpit terasa nyaman dan ergonimis.

Oh iya pandangan saya ke depan saat duduk di Avanza baru ini jelas sangat berbeda dari saat nyetir versi sebelumnya. Jok terasa lebih rendah, namun itu tidak sampai mengganggu visibilitas ke depan.

Baca performa Toyota Avanza baru di halaman kedua --->>>

[Gambas:Video CNN]



Performa mesin Avanza Baru

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER