Perawatan Mobil Usai Diajak Liburan Nataru

CNN Indonesia
Sabtu, 08 Jan 2022 21:03 WIB
Usai liburan Nataru 2022 pemilik disarankan untuk tidak lupa memperhatikan kondisi mobil agar kondisinya tetap prima. Ilustrasi servis mobil usai dipaksa menempuh perjalanan jauh. (Foto: iStockphoto/gilaxia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Momen libur Natal dan Tahun Baru 2022 banyak dimanfaatkan untuk berpergian keluar kota menggunakan mobil pribadi. Selama perjalanan, tentu mobil 'disiksa' sampai ratusan bahkan ribuan kilometer.

Nah, usai liburan pemilik disarankan untuk tidak lupa memperhatikan kondisi mobil. Lakukan pengecekan, bila perlu perawatan agar performa mobil tetap terjaga usai digunakan dalam perjalanan liburan jarak jauh.

Berikut bagian mobil yang harus dicek usai menempuh perjalanan jauh.


1. Cek kualitas oli mesin

Jika kondisi oli kotor, kadar viskositas atau kekentalan oli sudah tidak sesuai, apalagi jika jarak tempuh perjalanan melebihi 5.000 KM. Maka segera lakukan penggantian dan filter oli.

2. Cek jumlah dan kualitas air radiator

Pemeriksaan dapat dilakukan dengan memeriksa level air radiator di tabung reservoir. Pastikan jumlah air radiator diantara level LOW dan HIGH, jika level air radiator di bawah LOW atau bahkan habis, segera bawa ke bengkel untuk memastikan tidak ada kebocoran di sistem pendinginan mesin.

3. Cek sistem rem dan ban

Bagian kendaraan yang bekerja keras saat perjalanan jauh yaitu ban dan rem juga sistem suspensi atau kaki-kaki. Periksa kembangan ban, tekanan ban, kondisi rem dan suspensi dari bunyi dan kenyamanannya. Untuk memastikan kondisi ban dan kaki-kaki lakukan balancing dan spooring bengkel terpercaya.

4. Cek eksterior

Cek bagian bodi kendaraan seperti bumper depan dan belakang serta bodi samping karena saat perjalanan jauh ada potensi kerusakan pada bodi kendaraan.

5. Cek komponen penunjang

Cek kembali komponen kendaraan terutama di bagian eksterior seperti wiper blade depan dan belakang, lampu-lampu, spion, dan lain lain untuk memastikan semua bagian tersebut bekerja normal.

6. Cek transmisi

Untuk kendaraan dengan transmisi otomatis perlu dilakukan pemeriksaan jumlah dan kualitas oli transmisi. Sedangkan kendaraan dengan transmisi manual perlu dilakukan pemeriksaan ulang kondisi kopling setelah perjalanan jauh.

7. Tune up

Tune up setelah perjalanan jauh sangat disarankan dilakukan untuk memastikan performance mesin kembali fit seperti semula. Penggantian atau pembersihan filter udara, filter bensin atau filter solar dan lainnya, mengutip situs resmi Auto2000.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER