10 Merek Motor Terlaris di Dunia, Honda Dipepet Motor Listrik China

CNN Indonesia
Rabu, 12 Jan 2022 08:26 WIB
Peringkat merek motor paling laris di dunia di tengah pandemi Covid-19 mengalami perubahan. Berikut 10 merek motor terlaris di dunia 2021. Ilustrasi penjualan motor. (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Peringkat merek motor paling laris di dunia di tengah pandemi Covid-19 mengalami perubahan. Berikut 10 merek motor terlaris di dunia 2021.

Produsen motor China saat ini terlihat semakin agresif. Merek China bahkan berhasil memepet Honda sebagai penguasa pasar motor dunia dengan menempati urutan nomor dua. Salah satu alasannya karena kenaikan trend motor listrik.

Berikut akan kami rangkum 10 daftar merek motor paling laris di dunia di sepanjang 2021, menurut Motorcycle Data. Perlu dipahami data ini hanya mencakup kendaraan roda dua dalam kategori skuter, underbone, moped, dan sport.


Peringkat pertama memang masih ditempati Honda sebagai penguasa pasar roda dua dunia. Namun ada perbedaan di mana pangsa pasar Honda terlihat menyusut dari beberapa tahun sebelumnya.

Pangsa pasar global Honda hanya 29,9 persen sedangkan pada 2019 33,7 persen, dan 35,5 persen pada 2016. Namun begitu pada Januari-November 2021, penjualan global Honda mencapai 13,8 juta unit atau naik 14,7 persen.

Tempat kedua dalam peringkat global yaitu pabrikan China, Yadea. Berkat permintaan China yang meningkat untuk motor listrik, dan didorong insentif pemerintah, Yadea berkembang pesat mencapai 5,8 juta penjualan e-skuter hingga November 2021.

Jumlah ini belum termasuk e-bike yang menghitung kuota serupa dalam total penjualan Yadea dengan kenaikan 17,8 persen.

Tempat ketiga diduduki Indian Hero Motor dengan total penjualan 4,5 juta unit. Angka ini mengalami penurunan 9,6 persen akibat kerasnya pasar India, sementara urutan empat Yamaha dengan 3,5 juta unit atau naik 15,7 persen.

Berikutnya peringkat lima ada Bajaj Auto dengan 2,3 juta unit dengan kenaikan 5,4 persen, India TVS Motor dengan 2,25 juta unit dengan pertumbuhan 6,4 persen.

Lalu urutan tujuh ada produsen sepeda motor dan skuter "tradisional" terbesar di China, Haojue, dengan 1,2 juta unit dengan pertumbuhan 25,5 persen.

Lihat Juga :

Lalu kedelapan ada Suzuki yang pulih cepat dengan 1,2 juta unit atau alami kenaikan 25,9 persen, dan sembilan Italika dengan penjualan 0,9 juta unit atau naik 24 persen.

Sementara urutan 10 ada Niu Technologies, dengan 0,9 juta penjualan. Niu ini juga menjadi merek dengan pertumbuhan tercepat di antara 25 produsen teratas secara global.

(ryh/rhr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER