TIPS OTOMOTIF

6 Cara Mudah Merawat AC Mobil

CNN Indonesia
Rabu, 12 Jan 2022 23:03 WIB
Ada beberapa cara agar  AC mobil tetap segar untuk menjaga kenyamanan seluruh penghuni kabin. Berikut caranya. Tips merawat AC mobil tetap dingin. (Foto: MikeBird/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Interior mobil harus dijaga kebersihan untuk menghindari kuman dan virus yang bisa menimbulkan penyakit. Salah satu cara menjaga kebersihan interior bisa juga dari pendingin ruangan atau AC mobil.

Kamu bisa menjaga merawat AC mobil dengan beberapa cara, yang paling utama yaitu menjaga kebersihan kabin mobil.

"Kabin mobil yang kotor dan berdebu dapat mengganggu kebersihan AC mobil. Kondisi ini dapat menyebabkan AC menjadi tidak dingin dan udara yang diembuskan juga menjadi tidak sehat karena kotor. Apalagi mengingat AC mobil menggunakan sistem sirkulasi tertutup yang memanfaatkan udara di kabin mobil untuk didinginkan secara berulang-ulang.," kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 dalam keterangan resmi.


Kedua, tutup kaca ketika berkendara kecuali untuk beberapa situasi tertentu seperti bayar tol. Ini perlu dilakukan agar kotoran tidak dapat masuk ke dalam kabin mobil.

"Usahakan untuk tidak membuka kaca jika tidak ada kepentingan. Perlakuan ini juga membuat kabin tetap sejuk dan kerja AC tidak terlalu berat karena udara di dalam mobil selalu dingin," ucap Nur.

Ketiga, hindari merokok di dalam mobil. Asap rokok juga mempunyai potensi masuk ke dalam sistem sirkulasi AC sehingga udara dan aroma tidak sedap dari nikotin yang berbahaya bagi kesehatan akan bercampur dengan udara pendingin kabin.

Asap rokok akan menempel di filter kabin atau filter AC yang menyaring udara dari AC mobil sehingga memperpendek usia pakainya, bahkan dapat memicu kerusakan.

Lihat Juga :

Selanjutnya jaga kebersihan filter AS. Komponen ini sangat rentan kotor, karena itu pemilik harus memastikan kebersihan filter AC mobil untuk menjaga kualitas udara di dalam mobil tetap segar dan bersih.

Kemudian gunakan pengharum ruangan khusus untuk mobil.

"Gunakan parfum dengan aroma netral atau tidak menyengat. Selain itu, pemilihan pengharum ruangan yang tidak sesuai dapat membuat AC cepat kotor dan merusak interior mobil seperti meninggalkan bercak noda. Jenis bahan pengharum mobil juga perlu mendapat perhatian khusus, karena bila salah pilih terdapat kandungan kimia di bahan pengharum yang malahan mengotori kondensor AC," ucap Nur.

Keenam, usahakan cek sistem pendingin ruangan secara berkala. Ini untuk memastikan AC mobil, berfungsi dengan baik dan optimal.

(mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER