Balap Jalanan Resmi Diharapkan Pangkas Kecelakaan Balap Liar

fea | CNN Indonesia
Senin, 17 Jan 2022 04:05 WIB
Menurut kepolisian kecelakaan balap liar banyak tetapi cenderung tidak dilaporkan, balap jalanan resmi diharapkan mengurangi kejadian itu. Polda Metro Jaya menggelar kegiatan street race sebagai pengganti ajang balap liar di kawasan Ancol, Jakarta Utara pada Minggu (16/1). (CNN Indonesia/Michael Josua)
Jakarta, CNN Indonesia --

Balap jalanan resmi seperti sudah disiapkan di Ancol, Jakarta Utara, diharapkan kepolisian dapat mengurangi jumlah kecelakaan akibat aktivitas balap liar yang cenderung tidak dicatat.

Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) saat ini tengah berupaya mengakomodasi hasrat balap sepeda motor masyarakat di tempat yang resmi dan aman. Kawasan Ancol disiapkan sebagai salah satu lokasinya.

Pada Minggu (16/1), gelaran latihan balap Street Race Ancol digelar. Acara ini diikuti 350 joki yang sebelumnya sudah mendaftar lebih dulu secara online.


Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan dengan adanya balap jalanan resmi ini, kecelakaan di jalanan karena balap liar diharapkan tidak ada lagi.

"Kecelakaan balap liar cenderung tidak tercatat karena tidak dilaporkan. Mereka tabrakan, kecelakaan, langsung dibawa sehingga mereka tidak lapor ke kita," ujar Sambodo, diberitakan Antara.

Balap jalanan resmi dikatakan bisa menjadi wadah bagi para pembalap yang mau menyalurkan hobi di tempat yang lebih layak.

"Jadi mereka sudah punya wadah, tidak lagi melaksanakan balapan dengan menutup jalan, tetapi kita wadahi untuk balapan di tempat yang sudah ditentukan. Dengan demikian, keamanan lebih terjamin," kata Sambodo.

Street Race Ancol digelar dengan sejumlah persyaratan bagi joki, di antaranya mengunakan helm full face, minimal jaket dan celana jin atau baju balap, sarung tangan, sepatu, dan lainnya. Joki di bawah usia 17 tahun wajib melampirkan pernyataan diizinkan orang tua.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER