Fakta-fakta Gunung Api Bawah Laut Tonga

CNN Indonesia
Senin, 17 Jan 2022 08:44 WIB
Letusan gunung api Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai picu tsunami di kawasan Pasifik, Sabtu (15/1). Ada beberapa fakta dari letusan gunung api tersebut. Fakta dahsyatnya gunung api bawah laut Tonga. (AP/Planet Labs PBC)
Jakarta, CNN Indonesia --

Letusan gunung api Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai memicu tsunami di beberapa wilayah di kawasan Pasifik, Sabtu (15/1). Ada 5 fakta dari letusan gunung api tersebut.

Tsunami yang menghantam Tonga, negara di kawasan Pasifik, muncul akibat letusan gunung api bawah laut, dan membuat Raja Tonga Tupou VI dievakuasi.

Gelombang yang dihasilkan oleh gunung berapi membanjiri Nuku'alofa, membanjiri halaman Istana, tepi laut dan jalan utama.


Tsunami itu adalah dampak lanjutan dari letusan gunung api bawah laut Hunga Tonga-Hunga Haʻapai, setelah sebelumnya abu, uap, dan gas menyembur hingga 17 kilometer ke udara. Abu vulkanik pun dilaporkan mencapai Nuku'alofa, ibu kota Tonga.

Berikut fakta-fakta dahsyatnya gunung api bawah laut Tonga:

1. Erupsi Terjadi sejak Desember 2021

Erupsi di gunung api Hunga Tonga-Hunga Ha'apai terjadi mulai 29 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022. Kandungan gas, uap dan abu vulkanik naik setinggi 12,2 kilometer.

Dikutip Volcano, air laut di sekitar gunung api itu berubah warna dan batu apung terlihat di sekitar pulau pada 30 Desember, dan telah diamati sejak awal letusan.



2. Pernah Terjadi Aktivitas pada 2014

Berdasarkan catatan sejarah, gunung api bawah laut Tonga yang bernama Hunga Tonga-Hunga Ha'apai telah aktif sejak 1912, namun letusannya cukup tenang. Gunung ini juga disebut terakhir kali aktif pada 2014 lalu.

Meskipun demikian, pada Desember 2021 aktivitas gunung api bawah laut itu sempat meningkat, dan akhirnya terjadi erupsi pertama kali pada Sabtu (15/1).

Bersambung ke halaman berikutnya...

Erupsi Gunung Api Tonga Hasilkan Suara Ledakan hingga 9.000 Kilometer

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER