Berlian Hitam dari Luar Angkasa Dilelang, Ditaksir Rp97 M

CNN Indonesia
Rabu, 19 Jan 2022 20:59 WIB
Rumah lelang Sotheby mengharapkan berlian hitam dapat terjual seharga US$6,8 juta atau sekitar Rp97,6 miliar. Berlian hitam disebut dari luar angkasa akan dilelang di London pada 3 - 9 Februari 2021. (Foto: AFP/GIUSEPPE CACACE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berlian hitam 555,55 karat yang diduga berasal dari luar angkasa akan dilelang rumah lelang Sotheby di London, Inggris pada 3 - 9 Februari mendatang. Sotheby meyakini permata langka yang dijuluki 'The Enigma' ini berasal dari angkasa luar yang jatuh ke Bumi.

Sotheby mengharapkan berlian hitam dapat terjual seharga US$6,8 juta atau sekitar Rp97,6 miliar.

Menurut Sotheby, berlian hitam dan ukuran besar ini merupakan barang yang sangat langka. Sotheby akan memamerkan berlian hitam ini di Dubai, Los Angeles, Amerika Serikat yang masih masuk dalam rangkaian lelang karena memang target pasarnya ada di negara-negara itu.


Berlian hitam dikenal juga sebagai berlian Carbonado, dan dapat berumur antara 2,6 hingga 3,8 miliar tahun. Berlian ini mengandung nitrogen dan hidrogen, yang terbentuk di antariksa. Selain itu, berlian ini juga mengandung osbornite, kandungan mineral yang ada di meteorit.

Seorang spesialis perhiasan di Sotheby London, Nikita Binani menyebut berlian tersebut sebagai fenomena alam sejati.

"Penjualannya merupakan kesempatan sekali seumur hidup untuk mendapatkan salah satu keajaiban kosmik paling langka berusia miliaran tahun yang diketahui umat manusia," katanya dalam siaran pers, Senin (17/1), seperti dikutip dari CNN.

Bentuk berlian hitam disebut terinspirasi simbol telapak tangan Timur Tengah yang disebut Hamsa, yang berarti tanda perlindungan, dan secara harfiah berarti lima dalam bahasa Arab.

Kemudian menurut juru lelang, tema lima pada berlian ini melingkupi seluruh batu, salah satunya 555,55 karat. Selain itu, berlian ini juga memiliki tepat 55 faset atau permukaan.

Sebelumnya berlian hitam yang memiliki faset juga pernah terjual dengan harga melebihi US$13,6 ribu atau sekitar Rp195,2 juta per karat.

Rumah lelang mengatakan pembeli dapat menggunakan uang digital kripto sebagai pembayaran. Langkah ini disebut mengikuti penjualan berlian 101 karat bernama 'The Key 10138,' yang menjadi permata termahal yang pernah dibeli dengan uang digital kripto.

(lom/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER