Sikap Benar Berhenti di Lampu Merah, Berkaca di Kecelakaan Balikpapan

CNN Indonesia
Jumat, 21 Jan 2022 14:43 WIB
Setiap pengendara harus lebih waspada ketika berada di persimpangan, sebab banyak pengendara saat itu tidak dalam posisi Pengemudi sebaiknya hindari aktivitas berlebihan ketika berada di persimpangan lampu merah. (Foto: iStock/xijian)
Jakarta, CNN Indonesia --

Insiden kecelakaan truk tronton rem blong di Simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur sangat menyita perhatian. Akibat kejadian itu 4 orang meninggal dunia dan 1 kritis.

Praktisi keselamatan berkendara Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengatakan mengaca pada kejadian itu setiap pengendara harus lebih waspada ketika berada di persimpangan, sebab ia menilai banyak pengendara saat itu tidak dalam posisi "aman".

Menurut Sony ada beberapa sikap yang harus dilakukan dalam posisi itu dan pengendara harus memastikan kondisinya aman seperti memperhatikan area belakang melalui spion tengah dan samping.


"Ketika berhenti pengemudi harus waspada yaitu dengan memperhatikan spion belakang, kanan dan kiri," ujar Sony kepada CNNIndonesia.com lewat rekaman suara, Jumat (21/1).

Selanjutnya, Sony mengimbau pengendara untuk tidak mengaktifkan rem parkir atau parking brake ketika berhenti di lampu merah untuk memimalisir benturan dari belakang kendaraan.

"Akhirnya (jika tertabrak belakang) kalau diganjal kan dampaknya lebih besar," ucap Sony.

Selain itu ia berharap pengendara tak melakukan aktivitas lain seperti bermain ponsel atau membaca sesuatu yang potensi mengganggu konsentrasi.

Sikap itu berguna ketika tiba-tiba pengemudi melihat dari arah belakang ada kendaraan besar yang datang, namun terlihat tak mengurangi kecepatan, maka pengendara bersiap menyelamatkan diri sendiri.

Langkah aman lain untuk menghindari kecelakaan akibat tumbukan dari arah belakang di lampu merah yaitu dengan menjaga jarak berhenti dengan kendaraan di depan.

"Apabila antar kendaraan sudah menjaga jarak, kalau ada potensi bahaya seperti truk rem blong seperti di Balikpapan maka pengendara lain bisa segera menghindar. Paling tidak ketika kejadian ini terjadi benar, kita punya jalan keluar, entah itu segera menghindar ke kanan atau ke kiri atau jalan terus," pungkas Sony.

Sebelumnya Truk tronton menghantam belasan kendaraan yang menunggu lampu merah di Simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1) pagi.

Kondisi jalanan yang menurun juga memicu penyebab kecelakaan tersebut. Dari insiden itu, terdapat 4 orang meninggal dunia, 1 orang luka kritis dan 13 luka ringan.

Kecelakaan truk Balikpapan itu mengangkut 20 ton kapur pembersih air, dan diduga mengalami rem blong.

(can/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER