TIPS OTOMOTIF

Rekomendasi Jenis Bensin Mobil dan Motor Sesuai Oktan

CNN Indonesia
Kamis, 27 Jan 2022 19:27 WIB
Rekomendasi pilihan bensin biasanya ditentukan dari rasio kompresi mesin dan oktan. Ilustrasi pengisian bahan bakar mobil. (CNN Indonesia/ Daniela Dinda)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setiap mesin kendaraan memiliki spesifikasi berbeda sehingga bahan bakarnya tentu harus menyesuaikan. Salah pilih bahan bakar bukan cuma bisa mengurangi performa, tetapi juga dapat menghancurkan mesin.

Perlu diketahui sebelum memasarkan mobil atau motor biasanya produsen sudah melakukan riset dan penentuan spesifikasi, kemudian merekomendasikan bahan bakar yang cocok digunakan konsumen.

Hal ini mesti dilakukan pasalnya kandungan bahan bakar di setiap negara tidak selalu sama.


Pilihan bahan bakar juga sudah ditentukan produsen melalui proses panjang untuk mencapai tujuan tertentu, misalnya memenuhi performa, keawetan pemakaian, dan juga regulasi yang berlaku. Ini sebabnya, jika Anda tidak mengerti apa yang Anda lakukan, sebaiknya mengikuti rekomendasi bahan bakar dari produsen.

Kecocokan bahan bakar dengan mesin paling mudah ditentukan berdasarkan klaim oktan bahan bakar dan lalu disandingkan rasio kompresi mesin.

Oktan merupakan istilah dari salah satu molekul penyusun bahan bakar bensin yakni Oktana (C8). Bilangan oktan menentukan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan pada bensin sebelum terbakar spontan.

Sementara rasio kompresi mesin adalah istilah teknis yang menunjukkan perbandingan antara volume silinder ketika piston berada di titik terendah dengan volume silinder saat piston ada di titik paling atas.

Misalnya pada mesin 2.000 cc terdiri dari empat silinder, masing-masing silinder volumenya 500 cc.

Saat piston berada di bawah setiap piston terisi penuh campuran bensin dan udara sebanyak 500 cc, namun ketika piston berada di atas volumenya menjadi 50 cc. Hal itu menandakan rasio kompresi mesin tersebut 10:1.

Mudahnya, semakin tinggi rasio kompresi, menandakan teknologi yang digunakan mesin tergolong canggih sebab menghasilkan emisi lebih rendah. Untuk itu bensin yang digunakan juga oktannya harus lebih tinggi.

Berikut rekomendasi bensin untuk mesin berdasarkan produk bahan bakar dari Pertamina.

1. Premium berwarna kuning, oktan 88 untuk rasio kompresi mesin 9:1.
2. Pertalite berwarna hijau, oktan 90 untuk rasio kompresi mesin 9:1 sampai 10:1.
3. Pertamax berwarna biru, oktan 92 untuk rasio kompresi mesin 10:1 sampai 11:1
4. Pertamax Turbo berwarna merah, oktan 98 untuk rasio kompresi mesin 11:1 sampai 13:1
5. Pertamax Racing oktan 100 untuk rasio kompresi mesin 13:1 ke atas.

Tapi jika Anda pengguna bahan bakar di luar produk Pertamina, seperti Vivo maupun Shell, pilihan bahan bakar bisa disesuaikan angka oktan produk yang ditawarkan.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER