Cara Minta ke Google Buat Hapus Konten Digital

CNN Indonesia
Selasa, 14 Jun 2022 09:00 WIB
Anda bisa meminta tolong ke Google untuk menghapus konten, jika sesuai kebijakan perusahaan maka akan dikabulkan. Anda bisa meminta tolong ke Google untuk menghapus konten, jika sesuai kebijakan perusahaan maka akan dikabulkan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Keberadaan jejak digital kadang menjadi problematika bagi seseorang karena mengganggu, misalnya mengandung hal-hal yang berbau negatif tentang masa lalu Anda. Anda bisa meminta bantuan Google apabila ingin menghapus konten yang sudah kadung beredar di internet.

Google akan mempertimbangkan permintaan Anda untuk menghapus konten berbahaya. Misalnya, gambar eksplisit non-konsensual, pornografi, palsu, data keuangan, rekam medis, doxing hingga gambar anak-anak.


"Kami menganggap serius konten yang tidak pantas. Jika Anda melihat konten di produk Google yang Anda yakini melanggar hukum atau hak Anda, beri tahu kami. Kami akan meninjau materi dan mempertimbangkan untuk memblokir, membatasi, atau menghapus akses ke materi tersebut," sebut pernyataan Google di laman resminya.

"Perilaku seperti phishing, kekerasan, atau konten eksplisit juga dapat melanggar kebijakan produk kami dan memenuhi syarat untuk dihapus dari produk Google. Sebelum membuat permintaan, coba tandai konten di produk yang relevan," lanjutnya.

Menghilangkan jejak digital disebut sebagai bagian hak seseorang untuk dilupakan atau right to be forgotten. Meski tak banyak yang menyadari, right to be forgotten di Indonesia diartikan sebagai hak individu untuk menuntut penghapusan atau revisi informasi-informasi terkait dirinya yang tak sesuai atau tak lagi relevan pada sistem elektronik.

Hal itu sudah diatur dalam pasal 26 ayat (1) hingga (5) UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Setiap Penyelenggara Sistem Elektronik wajib menghapus Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang tidak relevan yang berada di bawah kendalinya atas permintaan Orang yang bersangkutan berdasarkan penetapan pengadilan," demikian bunyi Pasal 26 ayat (3) UU ITE.

Keberadaan jejak digital bisa berasal dari data-data informasi yang Anda tinggalkan di platform media sosial yang Anda ikuti, termasuk di aplikasi yang Anda unduh sebelumnya.

Data tersebut kemudian dijual dan digunakan oleh perusahaan lain untuk menawarkan produknya. Dampak negatifnya, informasi pribadi tersebut bisa disalahgunakan oleh orang tak bertanggung jawab tanpa izin.

Cara meminta ke Google buat hapus jejak digital:

1. Buka 'legal help' di laman Google Support.
2. Klik opsi 'create a request'
3. Pilih produk Google yang kontennya ingin dihapus, baik itu Google Search, Google Image, hingga YouTube
4. Berikan alasan pengajuan penghapusan konten dengan jelas
5. Masukkan tautan untuk setiap konten yang diminta untuk dihapus
6. Kirim atau submit formulir permohonan penghapusan
7. Tunggu hingga review Google tuntas

(ttf/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER