Olok-olok Investasi Kripto, Bill Gates Sebut Teori Kebodohan

CNN Indonesia
Kamis, 16 Jun 2022 13:02 WIB
Salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates mengaku tak tertarik berinvestasi di kripto. Co-founder Microsoft, Bill Gates mengaku tak tertarik berinvestasi di NFT dan kripto Foto: AFP/NICHOLAS KAMM
Jakarta, CNN Indonesia --

Bill Gates kembali mencemooh tren berinvestasi pada kripto dan Non-Fungibel Token (NFT). Gates menyindir NFT populer bernama Bored Apes sebagai salah satu hal yang akan menyelamatkan dunia.

"Tentu saja, gambar monyet digital yang mahal akan memperbaiki dunia dengan signifikan," kata Gates seperti dilansir The Verge.

Olok-olok itu disampaikan Gates dalam acara yang diselenggarakan TechCrunch. Pria berusia 66 tahun itu mengaku lebih memilih untuk berinvestasi pada aset-aset konvensional yang jelas hasil atau produknya.


"Saya lebih memilih kelas aset seperti perkebunan yang memiliki hasil, atau sebuah perusahaan yang membuat produk-produk," ujarnya.

"Aset-aset seperti itu (NFT, bitcoin) 100 persen berdasar kepada sejenis teori kebodohan bahwa seseorang akan membayar lebih banyak daripada yang saya lakukan," kata Gates menambahkan.

Pernyataan Gates muncul setelah bitcoin dan sederet aset kripto lain mengalami keruntuhan. Bitcoin sebelumnya mencapai angka tertinggi pada November 2021 dengan nilai satu BTC mencapai $69 ribu atau Rp1 miliar (kurs Rp14.738).

Namun kini nilai aset digital ini merosot jauh hingga hanya satu per tiga dari angka tersebut. Catatan pada Selasa (14/6) menunjukkan satu BTC hanya bernilai US23 ribu. Bitcoin kehilangan sekitar 25 persen nilainya sejak Jumat pekan sebelumnya.

Lebih lanjut, keruntuhan nilai aset kripto juga berdampak pada perusahaan yang berada di industri ini. Platform perdagangan kripto Coinbase mengumumkan pemecatan 18 persen karyawannya karena pasar kripto mengalami guncangan, seperti dikutip CNN.

Bukan Kali Pertama

Olok-olok ini bukan kali pertama disampaikan Gates. Sebelumnya pada 2021, Gates mengatakan berinvestasi dalam bitcoin adalah sesuatu bagi Elon Musk dan Tesla, tetapi tidak berarti investor lain harus mengikuti langkah tersebut.

"Saya benar-benar berpikir para investor terbawa para maniak itu, yang padahal mereka tidak punya banyak uang untuk disimpan. Secara umum, pendapat saya adalah ketika Anda punya lebih sedikit uang daripada Musk, Anda harus berhati-hati," kata Gates.

(lom/lth)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER