Hasil Mengejutkan Uji Tabrak Suzuki S-Presso yang Mau Dijual di RI

fea | CNN Indonesia
Senin, 04 Jul 2022 11:15 WIB
Suzuki S-Presso versi Afrika Selatan yang baru saja diuji tabrak Global NCAP mendapatkan rating tiga bintang, lebih baik dari versi India pada 2020 nol bintang. Suzuki S-Presso buatan India yang dijual di Afrika Selatan mendapatkan rating tiga bintang untuk perlindungan penumpang dewasa setelah diuji tabrak Global NCAP. (Global NCAP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mobil baru Suzuki yang diduga akan diluncurkan di Indonesia, S-Presso, memiliki catatan tak mengesankan soal uji tabrak. Saat S-Presso untuk publik India diuji pada 2020 hasilnya nol bintang, kini model Afrika Selatan yang baru saja diuji mendapatkan hasil lebih baik namun tak maksimal, tiga bintang.

Hasil rating dari tes pada model India dan Afsel itu merupakan untuk kategori perlindungan penumpang dewasa yang dilakukan Global NCAP.

Suzuki S-Presso.Suzuki S-Presso. (Maruti Suzuki)

Menurut penjelasan Autocar India, dua tahun lalu Global NCAP telah mencatat hasil buruk S-Presso versi India nol bintang sebagian besar karena minimnya perlindungan leher yang terlihat pada boneka uji sebagai penumpang depan. Hal itu juga terjadi pada sopir dan ditambah area dada.

Skor untuk perlindungan penumpang dewasa ditetapkan nol dari hasil tertinggi 17.

Global NCAP juga mengungkap hasil buruk pada perlindungan anak kecil di jok belakang. Hasilnya dua bintang dengan skor 13,84 dari maksimal 49.

Sedangkan S-Presso versi Afsel yang diuji mendapatkan hasil lebih baik tiga bintang perlindungan penumpang dewasa dan dua bintang perlindungan anak kecil.

Skor model ini 8,96 dari tertinggi 17 poin untuk perlindungan penumpang dewasa dan 15 dari maksimal 49 buat perlindungan penumpang anak kecil.

Perbedaan S-Presso versi India dan Afsel

Spesifikasi keselamatan standar S-Presso versi India hanya memiliki airbag sopir dan ABS. Tak ada airbag buat penumpang lain karena saat itu tak ada peraturan yang mewajibkannya lebih banyak.

Sementara S-Presso versi Afsel, kendati diekspor dari India, punya spesifikasi keselamatan sedikit lebih tinggi, yaitu punya dua airbag dan sabuk pengaman pretensioner sebagai fitur standar.

Selain soal fitur keselamatan itu, tak ada lagi perbedaan signifikan antara versi India dan Afsel, termasuk soal struktur bodi S-Presso.

"Performa keselamatan S-Presso di Afsel jauh dari memuaskan dan klaim peningkatan tidak tercermin dalam tingkat perlindungan penumpang anak yang tetap sama dengan versi India yang kami uji pada 2020," kata Alejandro Furas, Secretary General of Global NCAP.

S-Presso belakangan santer diberitakan bakal dijual di Indonesia, hal ini diperkuat dari daftar paten mobil ini yang didaftarkan di dalam negeri lalu bocoran foto penampakannya juga sudah muncul satu per satu di internet. S-Presso kemungkinan bakal menjadi mobil termurah Suzuki di Tanah Air untuk menggantikan Karimun Wagon R yang pensiun. 

[Gambas:Youtube]

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER