Toyota Mulai Jual Hyryder, SUV Bermesin Hybrid Suzuki Ertiga

CNN Indonesia
Senin, 04 Jul 2022 12:45 WIB
Toyota Hyryder di India punya dua opsi mesin hybrid, pertama full hybrid Toyota dan mild hybrid Suzuki Ertiga. Toyota Urban Cruiser Hyryder. (Toyota India)
Jakarta, CNN Indonesia --

Toyota resmi memperkenalkan Urban Cruiser Hyryder sebagai SUV menengah pertama untuk India yang dibangun bersama Maruti Suzuki. Hyryder tersedia dengan dua opsi mesin, full dan mild hybrid.

SUV baru ini akan mulai dijual bulan depan, tapi pemesanan telah dibuka baik di dealer Toyota atau online, dengan tanda jadi 25 ribu rupee atau jika dirupiahkan sekitar Rp5 juta.

Hyryder punya desain eksterior yang meniru SUV Toyota baru lainnya yang dijual di luar India. Pada bagian wajah mobil ini mendapat lampu DRL dua lapis yang menyatu dengan gril 'Crystal Acrylic'.

Kemudian ada strip krom yang memanjang dari satu sudut gril ke sudut lain. SUV ini juga dilengkapi bumper depan sporty dengan airdam tinggi yang diapit lampu depan full-LED besar.

Pada varian hybrid, terdapat emblem Hybrid di pintu dan di bawah kaca spion. Mengingat ini menjadi produk kerjasama, Suzuki juga akan punya model rebadge Hyryder yang akan dijual dalam beberapa waktu ke depan.

Di bagian dalam, Hyryder memiliki tata letak yang mirip model Maruti Suzuki dan Toyota terbaru seperti Baleno, Glanza, dan Brezza, mengutip Carwale.

Versi full hybrid disebut akan hadir dengan pengaturan interior dual tone sedangkan mild-hybrid akan mendapatkan interior serba hitam.

Mesin hybrid

Hyryder dilengkapi mesin TNGA Atkinson Cycle 1,5 liter Toyota yang menghasilkan 92 hp dan torsi 122 Nm. Mesin tersebut dipasangkan dengan motor listrik yang menghasilkan tenaga 79 hp dan torsi 141 Nm.

Motor listrik mendapat pasokan energi dari baterai lithium-ion 177,6 V. Teknologi hybrid yang digunakan di mesin ini merupakan generasi keempat e-drive Toyota.

Opsi mesin kedua mild-hybrid Neo Drive menggunakan teknologi milik Suzuki dengan mesin 1,5 liter K15C dan Integrated Starter Generator (ISG) yang mengeluarkan 103 hp dan torsi 137 Nm. Kombinasi ini sudah dipakai di Ertiga, Brezza dan XL6.

Fitur

Pada varian tertinggi Hyryder terdapat berbagai macam fitur seperti panoramic sunroof, kamera 360 derajat, wireless charger, instrument cluster full digital, heads-up display, pelek 17 inci dan penyejuk jok.

Fitur keselamatan yang tersedia yaitu enam airbag, tyre pressure monitoring system, ESP, hill-hold assist, sabuk pengaman 3 titik semua penumpang, rem cakram semua roda, hill descent control dan All Wheel Drive.

SUV menengah yang akan bersaing dengan Hyundai Creta ini akan dibangun di pabrik Bidadi Toyota di Karnataka. Model ini juga akan dibangun untuk tujuan ekspor. Hyryder bakal dijual terlebih dahulu, diikuti versi berikutnya dari Suzuki.

Sejauh ini Toyota belum mengumumkan harga resmi, namun perusahaan berjanji mengungkapnya bulan depan, mengutip Autocar India.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER