Bocoran Info Stargazer, Amunisi Hyundai 'Ganyang' Avanza Cs Tahun Ini

CNN Indonesia
Senin, 04 Jul 2022 18:45 WIB
Stargazer adalah mobil baru Hyundai yang akan menjalani debut dunia dari Indonesia, mobil ini bakal menjadi pesaing Toyota Avanza cs. Hyundai Stargazer bakal diluncurkan sebagai pesaing Avanza. (Hyundai Motors Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hyundai diyakini bakal meluncurkan mobil baru Stargazer dalam waktu dekat di Tanah Air sebagai rival Toyota Avanza dkk di segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV). Sederet informasi soal Stargazer juga sudah mulai dibagikan Hyundai sebagai bahan promosi kepada calon konsumen.

Beberapa waktu lalu, misalnya, Hyundai telah merilis gambar penggoda eksterior Stargazer. Dari foto yang dibagikan, Hyundai memperlihatkan tampilan depan mobil ini yang sekilas mirip Staria namun ukurannya jauh lebih kecil.

Stargazer terlihat memiliki gril besar, lampu kombinasi bertingkat yang terletak pada bagian kanan dan kiri, serta lis lampu yang dibuat melintang di area kap mesin.

Bagian belakang tidak terlalu jelas terlihat lantaran gambar hanya siluet, namun lampu belakang tampak vertikal di kedua tepi yang jika dilihat dari jauh memperlihatkan huruf H.

Detail lain yang terlihat bagian peleknya dibuat dua warna dengan desain cukup unik.

Kemudian materi lain memperlihatkan sisi interior mobil ini. Dalam video singkat terungkap bagian dasbor dengan detail desain sistem hiburan hingga tombol-tombol pengatur suhu pendingin ruangan. Head unit mobil itu didesain floating, mirip para pesaingnya.

Jok bagian tengah menggunakan captain seat dan punya arm rest. Bagian kursi baris ketiga bisa dilipat rata yang memungkinkan menampung barang bawaan lebih banyak.

Mobil ini terlihat masih mengandalkan rem parkir manual. Informasi lain yaitu Stargazer diduga merupakan low MPV pertama yang punya SOS button. Tombol darurat itu terletak di sebelah lampu kabin bagian depan.

Patform baru dan mesin

Product Expert Hyundai Motors Indonesia (HMID) Hanim Faizal sempat menjelaskan Stargazer dirancang menggunakan platform baru yang menyesuaikan kebutuhan Low MPV.

"Dia itu platform baru," ujar Hanim di Bandung, Jawa Barat, Jumat (24/6).

Hanim juga memaparkan mesin Stargazer hanya tersedia satu varian, meski begitu dia tak mau menguraikan lebih rinci lagi.

Kabarnya Stargazer memakai mesin yang sama digunakan produk lokal Creta, yaitu bensin 1.500 cc Smartstream bertenaga 113 hp dan torsi 143,8 Nm. Ada kemungkinan transmisi yang diberikan pun sama, yakni manual 6-percepatan dan Intelligent Variable Transmission (IVT).

Lebih lanjut Hanim mengklaim Stargazer bakal hadir dengan sejumlah keunggulan dari para senior Low MPV. Mobil ini dikatakan mendukung kenyamanan karena ditunjang wheelbase panjang.

Debut dunia dari Indonesia

Uria Simanjuntak, Head of Public Relations HMID, menambahkan Stargazer akan menjalani debut global dari Indonesia.

"Itu akan pertama di Indonesia," kata Uria.

Nama Stargazer sebelumnya sudah muncul di situs Samsat PKB Jakarta,. Biasanya bila nama mobil sudah muncul di situs ini tandanya bakal diluncurkan.

Berdasarkan situs dipahami Stargazer akan tersedia enam tipe dan dua pilihan transmisi yakni manual dan otomatis serta penggerak 4x2. Ada juga kode 15 yang mengindikasikan mesin kapasitas 1.500 cc.

Tertulis juga Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Stargazer mulai dari Rp155 juta hingga Rp202 juta. Ini mengindikasikan varian terendah Stargazer bisa di bawah Rp200 jutaan.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER