Telkomsel Matikan 3G di 143 Kota, Warga Baru Tahu hingga Risau Daerah

lom | CNN Indonesia
Rabu, 20 Jul 2022 18:45 WIB
Warga di wilayah terdampak suntik mati jaringan 3G mengaku baru tahu program ini, dan sebagian lainnya risau terkait dampak program tersebut. Ilustrasi. Telkomsel menghentikan layanan 3G mereka dan menggantinya dengan 4G. Foto: iStock/simon2579
Jakarta, CNN Indonesia --

Operator seluler pelat merah Telkomsel melakukan suntik mati pada jaringan 3G di 143 kota dan kabupaten di Indonesia pada hari ini. Sejumlah warga mengaku baru tahu program ini hingga risau soal dampaknya.

Daerah yang mengalami suntik mati 3G dan diupgrade menjadi 4G ini meliputi wilayah Maluku, Papua, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi, Jawa, dan Sumatera.

Beberapa kota besar yang menjadi sasaran program suntik mati ini adalah Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Yogyakarta, dan Semarang.

Program yang telah berlangsung sejak Maret ini direncanakan dapat rampung selama 2022 demi mewujudkan pemerataan dan akselerasi layanan 4G/LTE Telkomsel.

Meski demikian, sejumlah warga mengaku belum mengetahui perihal program suntik mati 3G Telkomsel ini, salah satunya Yusuf (26), seorang pekerja swasta di Bandung.

"Belum tahu [ada suntik mati 3G Telkomsel], baru tahu sekarang," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (19/7) malam.

Sebagai informasi, program upgrade 3G ke 4G akan membuat jaringan internet di ponsel langsung turun ke 2G jika jaringan 4G nya kurang baik. Sebelumnya jaringan 4G akan lebih dulu turun ke 3G.

Yusuf sendiri mengaku kerap mengalami sinyal jelek di beberapa tempat di daerah Tubagus Ismail dan Buah Batu. Namun, ia tidak terlalu khawatir dengan dampak pada dirinya melainkan lebih khawatir dampak buruk dapat terjadi pada pengguna Telkomsel yang berada di daerah pinggiran.

"Kasihan orang yang daerahnya sinyal jelek mentok dapet 2G biasanya dapet 3G," tuturnya.

Warga Bandung lain, Akin (28), seorang wiraswasta juga menyebut belum mengetahui soal program suntik mati 3G Telkomsel. Akin yang sering mengalami sinyal buruk di rumahnya di kawasan Sukajadi ini menyebut dirinya tetap akan menggunakan operator seluler ini.

"Selama [harga] paketnya enggak naik mah kayanya saya tetep pake aja sih Telkomsel," katanya pada Selasa (19/7) malam. "Kecuali mendesak harus punya kartu baru yang cocok sama daerah," imbuhnya.

Terpisah, Yuanda (27), karyawan swasta yang tinggal di Bekasi, Jawa Barat, mengaku pencabutan jaringan 3G Telkomsel tidak terlalu berpengaruh padanya karena memiliki alternatif WiFi.

"Kan ada WiFi di mana-mana, jadi enggak terlalu matters," tuturnya.

Telkomsel sendiri merupakan operator seluler dengan pengguna terbesar di Indonesia. Data dari Counterpoint Research, Telkomsel memiliki 48 persen dari total pengguna operator seluler pada kuartal pertama 2022; 68 persen dari total 174,5 juta pengguna Telkomsel ini adalah pelanggan paket data.

Selain kualitas jaringan yang kurang baik dibandingkan dengan 4G, pengguna ponsel 3G pun sudah sangat sedikit. Menurut Counterpoint Research, pengguna perangkat 3G hanya berada di angka 2 persen.

"Kami melihat beberapa data/informasi terkait berapa banyak pengguna 3G yang masih ada. Tidak lebih dari 2 persen dan sekarang terus menurun seperti sekarang," ujar Febriman Abdillah, analis di Counterpoint Research kepada CNNIndonesia.com, Selasa (19/7).

VP Corporate Communications Telkomsel Saki H. Bramono, dalam keterangan tertulisnya, menyebut program ini sudah melalui tahap sosialisasi.

"Program upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE dilakukan secara berkala dengan tetap mengedepankan kenyamanan pelanggan," ucapnya, dalam keterangan tertulis, kepada CNNIndonesia.com, Rabu (13/7).

"Demi menjamin kenyamanan pelanggan dan kualitas konektivitas yang lebih baik, kami terus melakukan sosialisasi melalui berbagai channel ke pelanggan untuk segera melakukan pergantian kartu ke USIM 4G dan mulai menggunakan perangkat yang mendukung 4G," tutur dia.

"Salah satunya adalah dengan langsung menghubungi ke pelanggan yang belum melakukan migrasi ke 4G baik dari sisi device maupun simcard melalui layanan Robocall," lanjut keterangan itu.

[Gambas:Video CNN]

(lth)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER