Rumus Luas Segitiga Sama Sisi, Contoh Soal, dan Cara Menghitung

CNN Indonesia
Rabu, 03 Agu 2022 07:40 WIB
Berikut rumus luas segitiga sama sisi, lengkap dengan contoh soal dan cara menghitungnya. Ilustrasi. Berikut rumus luas segitiga sama sisi, lengkap dengan contoh soal dan cara menghitungnya. (iStockphoto/FamVeld)
, CNN Indonesia --

Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat beberapa benda yang memiliki bentuk seperti segitiga sama sisi. Misalnya, bentuk muka atap rumah, penggaris segitiga, rambu lalu lintas, segitiga pengaman kendaraan, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan luasnya, diperlukan rumus luas segitiga sama sisi. Berikut penjelasan lengkap mulai dari pengertian, ciri-ciri, rumus luas segitiga sama sisi, hingga contoh soalnya.

Pengertian Segitiga Sama Sisi

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami tentang apa itu segitiga sama sisi. Hal ini menjadi sangat penting agar tidak keliru dalam menerapkan rumusnya.

Segitiga sama sisi adalah sebuah bangun datar dari jenis segitiga yang memiliki tiga sisi yang sama panjang. Karena itu, semua sudut yang terdapat pada segitiga sama sisi masing-masing adalah 60 derajat, mengutip CueMath.

Dengan kata lain, jika segitiga sama sisi itu diputar seperti apa pun tetap memiliki bentuk yang sama.

Ciri-Ciri Segitiga Sama Sisi

Sama seperti segitiga yang lainnya, segitiga sama sisi juga memiliki ciri-ciri atau karakteristik tersendiri yang berbeda dari segitiga yang lainnya.

  1. Segitiga sama sisi memiliki sisi yang sama panjang: Ciri yang pertama dari segitiga sama sisi adalah memiliki sisi yang panjangnya sama. Jika kamu ukur, dari ketiga sisi segitiga sama sisi, pastilah ketiganya memiliki sisi yang sama panjang.
  2. Segitiga sama sisi memiliki besar sudut yang sama: Keunikan berikutnya adalah memiliki sudut yang sama besarnya. Jadi, tidak hanya sisi saja yang sama, namun setiap sudutnya adalah sama. Setiap sudut pada segitiga sama sisi adalah 60 derajat.
  3. Segitiga sama sisi memiliki tiga simetri putar: Ciri-ciri ketiga dari segitiga sama sisi adalah memiliki simetri putar sebanyak tiga. Simetri putar sendiri adalah putaran yang terdapat pada sebuah bangun datar dalam satu kali putaran penuh.
  4. Segitiga sama sisi memiliki tiga simetri lipat: Simetri lipat sendiri adalah garis lipatan yang terdapat di dalam sebuah bangun datar yang bisa membagi dua bangun datar menjadi sama besar. Seperti simetri putar, segitiga sama sisi juga memiliki tiga simetri lipat.  

Rumus Luas Segitiga Sama Sisi

Ilustrasi menulisIlustrasi. Rumus luas segitiga sama sisi adalah 1/2 x alas x tinggi.  (Picjumbo/Viktor Hanacek)

Untuk mencari luas segitiga sama sisi tidaklah terlalu sulit karena rumus ini cukup mudah untuk dihafal dan juga diaplikasikan ke dalam soal.

Perhatikan rumus luas segitiga sama sisi di bawah ini.

  • L = ½ x a x t

L = Luas segitiga sama sisi.

a = Alas segitiga sama sisi.

t = Tinggi segitiga sama sisi.

Gif banner Allo Bank

Contoh soal, lanjut halaman dua...

Contoh Soal Menghitung Luas Segitiga Sama Sisi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER